Rizky Agung Pranata yang Patut dapat Sorotan


May 20, 2022

NSH Mountain Gold Timika sepertinya tak salah memilih Anthony Garbelotto sebagai head coach di IBL Tokopedia 2022. Karena berkat tangan dingin pelatih tersebut, beberapa pemain tiba-tiba tampil sangat bagus. Sebut saja Hengki Infandi, Ruslan, hingga yang tak kalah mencuri perhatian adalah Rizky Agung Pranata. 

Rizky Agung Pranata bukan pemain baru di NSH. Dia sudah berada di tim tersebut sejak musim 2018-19. Namun namanya baru muncul di musim 2021, ketika liga bergulir di masa pandemi covid-19, dan tidak menggunakan jasa pemain asing. Kala itu Rizky bisa mencetak 5,3 PPG, 2,9 RPG, dan 0,5 APG dalam 14 game, dengan rata-rata menit bermain sebanyak 19 menit per game. Namun saat itu, NSH jadi bulan-bulanan di liga. Mereka ada di peringkat bawah klasemen akhir. 

Munculnya coach Anthony Garbelotto menjadi angin segar bagi pemain-pemain NSH. Khususnya bagi mereka yang menunjukkan performa terbaiknya. Coach Garbelotto jelas tidak peduli dengan nama besar pemain-pemain, apalagi dia baru pertama kali melatih tim di liga Indonesia. Sehingga penilaiannya lebih obyektif terhadap skuad-nya. Termasuk memberikan Rizky Agung Pranata kesempatan bermain yang lebih besar, karena dia punya potensi yang bagus. 

Musim ini, dari lima game yang sudah dijalani NSH, Rizky sudah mencetak rata-rata 4,8 PPG, 2,0 RPG, dan 0,6 APG, dengan menit bermain selama 26,6 menit per game. NSH sendiri baru kalah sekali dari liga game. Ini berarti Rizky juga memegang peranan penting dalam prestasi NSH di awal musim. 

Performa bagus Rizky Agung Pranata membuatnya masuk dalam perbincangan IBL Fans, khususnya dengan topik yang membahas soal pemain-pemain masa depan Indonesia. Rizky layak dicoba untuk masuk timnas Indonesia di masa yang akan datang. Syaratnya tentu saja dia harus bisa bersaing dan mengungguli pemain-pemain lainnya di ajang IBL. (*)