News Event

Reza Guntara Back-to-back Champions Dengan Dua Tim Berbeda

06 August 2024
|

Sebuah rekor yang sulit dicapai ternyata bisa dipecahkan oleh M. Reza Fahdani Guntara. Setelah Pelita Jaya Jakarta juara IBL Tokopedia 2024, Reza menjadi pemain yang menjadi juara dua kali beruntun dengan tim yang berbeda. Hebatnya lagi, Reza juga memenangkan gelar IBL Defensive Player of The Year dua tahun berturut-turut, juga dengan tim yang berbeda. 

Defense dan Juara, dua kata ini tampaknya akan melekat selamanya dalam diri Reza Guntara. Pemain 28 tahun tersebut membuat sebuah catatan rekor di IBL yang sangat sulit dipecahkan oleh pemain lainnya. Reza menyabet gelar IBL Defensive Player of The Year dan Juara IBL dua tahun berturut-turut, dengan tim yang berbeda. 

Pada tahun 2023, atau tahun terakhirnya di Prawira Harum Bandung, Reza mencetak rata-rata 6,3 ppg, 5,2 rpg, dan 2,3 apg dalam 30 pertandingan musim reguler. Dia dinobatkan sebagai IBL DPOY di tahun tersebut. Di babak playoffs, Reza membantu Prawira menyapu bersih (6-0) sejak putaran pertama hingga final, dengan catatan rata-rata 8,8 ppg, 4,5 rpg, dan 2,2 apg. Prawira jadi juara dan Reza dinobatkan sebagai IBL Finals MVP 2023. 

Pelita Jaya merekrut Reza pada jeda kompetisi. Tim asuhan Johannis Winar ini berharap pertahanan mereka semakin kuat, dan itu terbukti di IBL Tokopedia 2024. Selama musim reguler, Reza mencetak rata-rata 8,4 ppg, 3,9 rpg, 1,6 apg, dan 1,1 spg. Pada akhir musim reguler, Reza mendapatkan gelar IBL DPOY 2024. Di babak playoffs, Reza membantu Pelita Jaya mencetak rekor pertandingan 6-1 dan keluar sebagai juara. 

Pelita Jaya adalah tim profesional kedua Reza. Dia pindah dari Prawira setelah membela tim Kota Kembang selama enam musim kompetisi sejak 2017-18. Mungkin sudah banyak pemain di liga yang juara bersama dengan klub yang berbeda. Tapi jika gelar tersebut diraih secara beruntun, mungkin baru Reza yang bisa melakukannya. Dan, rekor ini akan sulit dipecahkan oleh pemain lainnya. (*)

Baca Juga: Ibl Pertamax 2021: Prawira Berhasil Lepas dari Kejaran Hangtuah

0 Comments