News Event

Respati Ragil Pamungkas Jalani Musim ke-14 Bersama Rajawali

30 December 2023
|

Karier Respati Ragil Pamungkas memang sempat meredup, di tengah ketidakjelasan nasib West Bandits Solo musim lalu. Namun kini tampaknya Ragil punya semangat baru untuk memulai musim ke-14 dalam karier profesionalnya. Ragil diperkenalkan sebagai pemain baru Rajawali Medan. Artinya Ragil kembali bersatu dengan head coach Raoul Miguel Hadinoto. 

Mungkin IBL Fans lupa dengan perjalanan karier pemain ini. Ragil merupakan pemain yang diorbitkan oleh Satya Wacana di era NBA pertama (2010-11). Dari skuad angkatan Ragil, ada beberapa yang masih aktif bermain seperti Tri Hartanto dan Valentino Wuwungan. Salah satu prestasi di IBL yang masih tercatat sampai sekarang adalah mencetak 48 poin dalam kemenangan Satya Wacana melawan Bandung Utama (75-54) pada tahun 2016. 

Ragil merupakan sisa-sisa kejayaan Satya Wacana, yang berubah menjadi tim muda sepeninggalan dirinya, Firman Dwi Nugroho, dan Yo Sua. Ragil memilih pindah ke Pelita Jaya yang mana membuatnya justru ada di lini kedua. Selama di Pelita Jaya hingga musim 2021, Ragil tidak pernah bermin lebih dari 18 menit per pertandingan. Ragil memang sempat mencuri perhatian di musim 2020, di mana dia bisa berkontribusi 8,3 ppg, 2,8 rpg, dan 2,5 apg dalam 11 pertandingan. Tapi momentum tersebut dihancurkan pandemi. 

Ragil akhirnya memutuskan pindah ke West Bandits Solo di musim 2022. Awalnya cukup meyakinkan dengan kontribusi 6,8 ppg, 2,9 rpg, dan 1,8 apg dalam 22 pertandingan termasuk playoffs. Namun di musim terakhir, atau di musim 2023, lagi-lagi momentum kebangkitan Ragil digagalkan oleh keadaan. West Bandits tertatih-tatih karena masalah internal yang membuat klub tersebut tidak bisa melanjutkan kiprahnya di liga profesional Indonesia. 

Kini Ragil mulai merajut kembali karier profesionalnya bersama Rajawali Medan. Tim baru yang notabene butuh pemain senior seperti dirinya untuk bisa bersaing di liga yang semakin kompetitif. IBL musim 2024 akan menjadi musim yang menarik, dengan sistem home-and-away, dan pemain-pemain internasional berkualitas. IBL 2024 akan digulirkan mulai 13 Januari mendatang. (*)

Baca Juga: Nominasi Most Improved Player: Respati Ragil Pamungkas (Pelita Jaya Bakrie)

0 Comments