News Event

Prawira Kurang Tenang, Bumi Borneo Bisa Mengimbangi

08 July 2023
|

Bumi Borneo Basketball Pontianak menghadapi tekanan yang besar ketika harus bermain di kandang Prawira Harum Bandung, di Game 2 IBL Tokopedia Playoffs 2023, Sabtu (8/7). Namun justru tim tuan rumah yang kurang tenang. Sehingga Prawira hanya bisa unggul 32-30 di babak pertama. 

Prawira menurunkan skuad terbaiknya di kandang sendiri. Untuk tim inti, ada Yudha Saputera, Indra Muhammad, Pandu Wiguna, pemain asing Brandone Francis, dan kapten tim M. Reza Fahdani Guntara. Bumi Borneo yang kali ini dihadapkan pada situasi do-or-die menurunkan starting five berisi Agam Subastian, Steven Orlando, M. Ari Daffa, pemain asing Randy Bell, dan kapten tim A. A. Ngurah Wisnu Budidharma Saputra. 

Tidak ada cara lain untuk menghentikan perlawan Bumi Borneo selain memperkuat defense. Kali ini benar-benar diperagakan oleh Prawira di babak pertama. Defense mereka membuat serangan Bumi Borneo terhambat. Prawira unggul 15-13 di kuarter pertama. 

Memasuki kuarter kedua, kembali Prawira memberikan tekanan dari sisi defense. Jarred Shaw melakukan tiga kali block shot untuk menggagalkan upaya pemain Bumi Borneo mencetak angka. Sementara serangan Prawira dari tembakan jarak jauh cukup efektif. Mereka unggul 27-21 di pertengahan kuarter kedua.

Tensi pertandingan yang panas memicu terjadinya gesekan di lapangan. Arion Thio dinyatakan unsporstmanlike foul kepada Brandone Francis, saat berusaha menghentikan Best Foreign Player tahun ini. Sementara Agam Subastian berhasil memperkecil jarak dengan tembakan tiga angka dari corner. Skor berubah menjadi 24-28. Namun tekanan dari publik tuan rumah membuat mental Bumi Borneo diuji. 

Memasuki satu menit terakhir, Bumi Borneo kembali mendekati perolehan poin Prawira. Sehingga kuarter kedua ditutup dengan skor 32-30. Diakui asisten pelatih Prawira, Andre Malay, bahwa defense Prawira memang sudah sesuai dengan strategi yang dibuat. Namun masalah turnovers dan ketenangan dalam penyelesaian akhir jadi masalah.

"Kami harus lebih tenang ketika offense, karena mereka pakai zone press. Kalau terburu-buru, maka turnovers yang didapat. Ini akan kami benahi di babak kedua," katanya. (*)

Baca Juga: Singkirkan Bumi Borneo, Prawira Hadapi Dewa United di Semifinal

0 Comments