News Event

Singkirkan Bumi Borneo, Prawira Hadapi Dewa United di Semifinal

08 July 2023
|

Akhirnya bagan semifinal lengkap, setelah Prawira Harum Bandung menang 85-73 atas Bumi Borneo Basketball Pontianak, di C-Tra Arena, Sabtu (8/7) malam. Prawira unggul 2-0 dan memastikan langkah ke semifinal menghadapi Dewa United Banten. 

Pada game kedua ini, dua pemain Prawira menyelesaikan laga dengan catatan double-double. Mereka adalah Jarred Shaw (14 poin dan 13 rebound), dan M. Reza Fahdani Guntara (11 poin dan 10 rebound). Tiga pemain lainnya yang mencetak double digit point adalah Yudha Saputera (18 poin), Brandone Francis (16 poin), dan Hans Abraham (14 poin). Dari kubu Bumi Borneo, Randy Bell mencetak 27 poin dan sembilan rebound, disusul Agam Subastian yang menyumbang 19 poin.

Bumi Borneo tampil luar biasa di laga do-or-die mereka melawan Prawira. Kedua tim memperagakan defense yang bagus, sehingga butuh usaha keras untuk menyerang. Tuan rumah hanya unggul dua angka (32-30) saat turun minum. Sehingga mereka belum aman dari kejaran Bumi Borneo. 

Di kuarter ketiga, Bumi Borneo berhasil menyamakan kedudukan (41-41), melalui three point dari Agam Subastian. Serangan Bumi Borneo lancar setelah mereka beberapa kali menggagalkan upaya Prawira dengan defense yang bagus. Bumi Borneo unggul tujuh angka (50-43) di sisa dua menit. 

Momentum di kuarter ketiga berbalik. Di sisa satu menit, Hans Abraham memasukkan three point, memanfaatkan assist dari Pandu Wiguna. Prawira hanya berjarak dua angka dari Bumi Borneo (48-52). Prawira memanfaatkan kesalahan-kesalahan Bumi Borneo di menit-menit akhir kuarter ketiga.

Bumi Borneo akhirnya tersusul setelah mereka gagal mengantisipasi Brandone Francis sebelum buzzer. Sebelum tembakan tersebut, Francis mendapatkan dua hadiah free throw karena lajunya sempat dihalangi oleh Wisnu Budidharma. Pemain Bumi Borneo asal Lombok tersebut mendapatkan unsportsmanlike foul. 

Membuka kuarter keempat, Yudha Saputera melakukan hal yang luar biasa. Dalam dua kali possession, dia memasukkan lima poin beruntun. Prawira unggul tiga angka (60-57) di awal kuarter keempat. Tetapi keunggulan ini tidak berlangsung lama. Karena Agam Subastian menyamakan kedudukan menjadi 60-60 lewat tembakan tiga angka. Pertandingan kali ini benar-benar intens. 

Sebuah kerugian bagi Bumi Borneo terjadi di menit keempat. Calvin Chrisller yang ragu-ragu dalam melakukan passing, ditambah Agam yang belum siap menerima bola berakhir dengan steal dari Yudha Saputera. Bola tersebut kemudian menjadi assist, setelah Hans Abraham memasukkan three point. Prawira memimpin dengan margin delapan angka (68-60). 

Momentum kemenangan bagi Prawira terjadi di lima menit terakhir. Prawira menguasai permainan sehingga mereka bisa menjauh dengan margin double digit. Prawira memasukkan 33 poin selama kuarter keempat. Mereka pun mengunci kemenangan, dan memastikan diri lolos ke babak semifinal. Prawira akan berhadapan dengan Dewa United Banten di semifinal IBL Tokopedia 2023. (*)

Baca Juga: Prawira Hanya Butuh Enam Menit untuk Singkirkan Bumi Borneo

0 Comments