PON Papua : Sulut Kembali Petik Kemenangan


Sep 30, 2021

Tim putra Sulawaesi Utara kembali membuat kejutan. Setelah sehari sebelumnya menundukkan Bangka Belitung, Sulut memetik kemenangan kedua dengan menundukkan tim tangguh Jawa Timur, 76-72 pada babak penyisihan grup PON XX Papua di Mimika Sports Complex, Kamis, 30 September.

Sulut yang diperkuat dua pemain klub IBL, Lusi Jovan Anugerah Golung dan William Beckham Mamahit Pontoh menutup kuarter pertama dengan keunggulan 20-16. Jawa Timur dengan andalannya Dio Tirta Syahputra (Dewa United serta tiga penggawa Indonesia Patriots pada Kompetisi IBL Musim lalu, Muhammad Naufal Alifio Rizq ,  Irkham Fadhil dan Andreas Marcellino Bonfilio mencetak 21 angka berbanding 14 angka yang dibuat Sulut. Jatim unggul tiga angka menutup babak pertama, 37-34.

Pada kuarter ketiga, Jatim mampu menambah sedikit keunggulan, Dio Tirta dkk menutup kuarter ini dengan selisih marjin tujuh angka atas lawannya, 58-51. Sulut terbukti pantang menyerah. Mereka bangkit dengan melesakkan 25 poin pada kuarter terakhir, Jatim hanya mampu membalas 14 angka. Sulut pun mencetak kemenangan kedua mereka, 76-72.

Fernando Fansco Manangsang mencatat double-double dengan raihan 22 poin dan 10 rebound bagi Sulut. Greans Chandra Bartes Tangkulung dan Jovan masing-masing mencetak 13 poin. 

Dari Jatim, Dio menmbuat double-double dengan 22 angka dan 10 rebound, Naufal menyumbang 20 poin.