News Games

PON Papua : Tuan Rumah Catat Kemenangan

06 October 2021
|

Tim putra Papua akhirnya mencatat kemenangan di babak penyisihan grup setelah membuat kejutan menundukkan Sulawesi Utara 74-62 di Mimika Sports Complex, Rabu 6 Oktober. 

Sebelumnya, Papua menelan tiga kekalahan dari Bali (47-61), Jawa Timur *56-59) dan Bangka Belitung (68-72). Sebaliknya, bagi Sulawesi Utara ini adalah satu-satunya kekalahan setelah berhasil menumbangkan Bangka Belitung lewat overtime (92-91), Jawa Timur (76-72) dan Bali (86-56).

Papua membuka poin lewat tembakan tiga angka Jansen Calvin Niwar. Maikel Andreas Cores Baliba menambah dengan dua angka. Jansen kembali menambah poin, 7-0. Lima menit awal, Papua unggul, 7-1.

Sulut mengejar, floating jump shot Victory Jacob Emillio Lobbu menyamakan kedudukan 10-10. Lobbu dan George Jeremy Marthen Christofell Saudale berbalas dua poin. Luis Jovan Anugerah Golung dan Lobbu akhirnya memberikan keunggulan 17-12 untuk Sulut di kuarter pertama.

Three points Obeth Isak Semuel Rumbewas dan Jansen pada awal kuarter kedua membuat Papua berbalik memimpin. Andrew William Lensun mengembalikan keunggulan Sulut, 21-18. Tiga angka dari Jansen dan Melkias Moso Kaize menjadikan Papua kembali memimpin, tetapi disamakan oleh Fernando Fansco Manangsang 24-24. Sulawesi Utara masih memimpin hingga babak pertama usai, 32-28.

Sulut sempat unggul sepuluh angka ketika Lensun melesakkan bola ke jaring Papua, 40-30. Papua bangkit dan terus mengejar. Kuarter ketiga berlangsung sengit, Papua mampu mereduksi ketinggalan. Sulut hanya unggul dua angka menutup kuarter ketiga, 49-47.

Obeth menyamakan angka di awal kuarter terakhir. Fernando mencetak poin bagi Sulut namun Melkias kembali menyamakan. George membuat Papua berbalik unggul lewat tembakan tiga angka, 54-51. Lobbu membuat Sulut kembali unggul 55-54, Melkias dan Fernando berbalas dua poin. Obeth dan Armando Fredik Yogiwar Kaize mengembalikan keunggulan Papua , Fernando menyamakan kedudukan 60-60 pada lima menit terakhir laga.

Jansen dan Armando membuat Papua unggul 70-60. Papua terus berhasil menjaga keunggulan dan akhirnya memenangkan pertandingan 74-62.

Melkias mencetak double-double dengan raihan 18 angka dan 10 rebound. Armando mencatat double-double juga dengan 12 angka dan 11 rebound. Jansen  menambah dengan 16 angka dan Reza Saputra Butar Butar mengemas sepuluh angka.

Dari kubu Sulawesi Utara, Lensun dan Lobbu masing-masing mencetak 13 angka dan Fernando mengemas sepuluh poin.

Baca Juga: PON Papua : Jawa Timur Atasi Perlawanan Papua

0 Comments