PON Papua : Sulut Belum Terkalahkan


Oct 05, 2021

Tim putra Sulawesi Utara memastikan diri menjadi pimpinan klasemen grup B babak penyisihan PON XX Papua. Sulut belum terkalahkan dalam tiga pertandingan yang sudah mereka mainkan. Terakhir mereka menundukkan Bali dengan skor 86-56 di Mimika Sports Complex, Selasa 5 Oktober.

Fernando Fansco Manangsang masih akan memainkan satu pertandingan lagi melawan Papua, tapi apa pun hasilnya tak akan bisa menggeser mereka dari pimpinan klasemen. 

Sementara Bali besok akan memainkan laga penentuan menghadapi Jawa Timur esok. Pemenang laga ini akan mendampingi Sulut ke babak berikutnya.

Bali membuka poin lewat tembakan tiga angka Ida Bagus Ananta Wisnu Putra.  Brando Oktavianus Kosegaran membalas dengan dua lemparan bebas. Lima menit awal Bali memimpin dengan selisih tipis, 11-8. Kuarter awal tim Pulau Dewata ini memimpin dengan 21-17.

Putu Satria Pande mengawali kuarter kedua dengan melesakkan dua lemparan bebas.Andrew William Lensun membalas dengan dua kali memasukkan bola lewat lay up. Wijanata Kesawa dan Brando berbalas tembakan tiga angka. Satu free throw Irvini Kurniawan dibalas lagi oleh lay up Brando menjadikan angka sama 26-26. Sulut akhirnya menutup babak pertama dengan berbalik unggul 41-37.

Kuarter ketiga menjadi kunci kemenangan Sulawesi Utara. Mereka merajalela berhasil mengumpulkan 31 poin, sementara Bali hanya mampu mengoleksi empat angka. Sulut memimpin jauh, 72-41.

Keunggulan dengan marjin besar mampu dipertahankan Sulut pada kuarter terakhir. Mereka akhirnya memenangkan laga dengan kedudukan 86-56.

Greans Chandra Bartes Tangkulung mencetak 25 angka buat Sulut. Fernando Manangsang membuat double-double dengan catatan 13 poin dan 14 rebound.  Luis Jovan Anugerah Golung dan Andrew Wiliam Lensun sama-sama menyumbang 12 poin.

Di kubu Bali, Ida Bagus Murda Arghantara mengemas 13 poin.