Polesan Coach Inal Bawa Amartha Hangtuah Sapu Bersih Seri 1


Jan 23, 2022

Kehadiran AF Rinaldo atau akrab disapa Coach Inal memberi warna baru bagi Amartha Hangtuah Jakarta. Hal itu setidaknya terlihat dari perjalanan mereka pada Seri 1 IBL 2022. 

Empat laga seri pertama disapu bersih dengan kemenangan oleh Amartha Hangtuah Jakarta. Pada laga penutup seri pertama, Sabtu (22/1/2022), Amartha Hangtuah sukses menundukkan Tangerang Hawks di Hall Basket Senayan. 

Sebelumnya, mereka menang Satya Wacana Salatiga, Bima Perkasa Yogyakarta, dan Indonesia Patriots. 

Melihat sepak terjang Amartha Hangtuah musim ini yang amat berbeda dengan tahun lalu, wajar apabila banyak yang berpendapat bahwa coach Inal memegang peranan penting dalam perubahan tersebut.  Hal itu setidaknya diutarakan Gunawan yang kini menjabat kapten tim. 

"Kami menjadi lebih tahu komposisi dari masing-masing pemain dalam permainan. Selain itu, dari sisi defense, kami semakin baik dan rapi," tutur Gunawan. 

Hal itu juga diakui oleh Chairman Eddi Danusaputro. Menurut dia, harapan melihat wajah tim yang berbeda dengan kehadiran AF Rinaldo di kursi pelatih mulai menunjukkan hasil, setidaknya pada Seri 1. 

"Kami adalah salah satu klub yang tidak memiliki pemain di level timnas. Jadi, kami harus bermain sebagai sebuah kesatuan dengan mengutamakan teamwork dan fighting spirit dalam sebuah sistem. Itu yang sudah mulai terlihat," ujarnya. 

Kendati demikian, baik Gunawan maupun Eddi melihat bahwa Seri 1 barulah langkah awal, perjalanan masih jauh. Untuk itu, pemain diminta tak terlena dan fokus menatap seri berikutnya. 

"Kita enggak punya banyak waktu bersantai. Pemain cuma akan berlibur satu hari dan Senin mereka sudah latihan lagi untuk persiapan Seri 2," ujar Leonardo Niki, manajer tim.

Seri 2 akan digelar di Bandung mulai 29 Januari. Amartha akan menjalani laga pada hari pertama melawan West Bandits Combiphar.