News Press Release

PIALA PRESIDEN BASKET 2019 MENJADI AJANG PRA MUSIM IBL

18 November 2019
|

 

 

 

Sebagai persiapan jangka panjang menyambut gelaran Piala Dunia Basket 2023 yang akan berlangsung di Indonesia, Panitia Pelaksana  Piala Presiden akan menggelar sebuah turnamen bolabasket.Kesuksesan Piala Presiden di dua disiplin olahraga sebelumnya (sepakbola dan E-Sport)tentunya diharapkan bisa ikut membantu mendongkrak olahraga bola basket di tengah masyarakat.

 

 

Perhatian masyarakat memang menjadi sangat penting bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Karena sebagai tuan rumah, Indonesia sangat berharap masyarakat bisa datang dan meramaikan setiap venue yang nantinya digunakan untuk menggelar pertandingan.

 

 

Karenanya, kualitas pertandingan akan sangat menentukan bagi kesuksesan ajang Piala Presiden kali ini. Itulah kenapa kemudian pihak penyelenggara menyiapkan hadiah yang cukup menyilaukan mata, bahkan menjadi jumlah hadiah terbesar yang pernah diberikan pada sebuah ajang basket nasional.

 

 

''Ini akan menjadi hadiah terbesar di ajang basket nasional. Dalam penyelenggaraan ini kami berkordinasi dengan IBL bukan hanya penyusunan jadwal saja ,tapi yang penting juga bekerjasama untuk melibatkan klub profesional di liga tertinggi dan  menjadikan ini juga sbg ajang pemanasan jelang musim IBL 2020 mendatang ,”ujar  Ketua organizing committee, Cahyadi Wanda.

 

 

Tak tanggung-tanggung,Piala Presiden  telah menyediakan total hadiah sebesar Rp375 juta. Namun Maruarar Sirait selaku Ketua Steering Committee memastikan semua dana yang akan dikeluarkan pihak panitia bakal sepenuhnya didapatkan secara profesional.

 

 

''Seperti di sepakbola, kami juga memastikan kalau turnamen ini akan laksanakan  secara profesional. Tidak akan ada uang Negara yang bakal dikeluarkan untuk menggelar ajang ini,'' ujar pria yang akrab disapa Ara ini.

 

 

''Kami juga akan menuntut transparansi pengelolaan. Dan di akhirnya, kami bakal lakukan audit yang dalam hal ini dibantu oleh akuntan publik terpercaya Price Waterhouse Coopers, untuk memastikan semua prosedur berjalan secara profesional.''

 

 

Sebagai bukti nyata profesionalisme pengelolaan Piala Presiden 2019, Ara bahkan tak segan membeberkan sederet brand sponsor pendukung jalannya turnamen Piala Presiden Basket di Solo, Jawa Tengah ini.

 

 

"Adaro, Hanamasa, PT. Maming Enam Sembilan, Swallow Globe, AICE, PWC, Redbull, Emboss Production, Club Mineral Water, Royal Sports Medicine Centre, Sritex dan Hotel Santika Indonesia, semua brand itu sudah sepakat mendukung pelaksanaan Piala Presiden 2019," tutur Ara.

 

 

Selain itu, untuk memaksimalkan para pemain muda yang ada di setiap tim, Piala Presiden berencana untuk memulai turnamen setelah dilangsungkannya Draft IBL. Karena dengan begitu, para rookie memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak jam terbang sebelum memulai musim reguler mereka awal 2020 mendatang.

 

 

''Kami sengaja menggelar setelah IBL DRAFT agar Tim menggunakan pemain rookie nya di Piala Presiden,'' sambung Cahyadi.

 

 

Ara juga tak lupa menghaturkan ucapan terima kasih atas dukungan dari Walikota Solo, F.X Hadi Rudyatmo, yang telah bersedia memfasilitasi event Piala Presiden yang akan berlangsung 20 hingga 24 November 2019 nanti. Bagi Ara, dukungan tersebut sangat penting dampaknya bagi kasuksesan ajang Piala Presiden kali ini.

 

 

"Saya sangat berterima kasih kepada Walikota Solo,TNI dan Polri yang telah memberi dukungan penuh pada panitia Piala Presiden untuk bisa menggelar kota Solo. ," ungkap Ara.

 

 

Kematangan panitia Piala Presiden dalam menyiapkan event basket nasional ini, tak pelak membuat Danny Kosasih selaku Ketua Umum PB Perbasi merasa kagum dan terkesan. Bagi Danny, penyelenggaraan Piala Presiden seakan menjadi bukti keterlibatan semua pihak dalam meningkatkan kualitas dan mutu olahraga bola basket di Indonesia.

 

 

"Melihat dari matangnya event ini disiapkan, jelas membuat kami merasa sangat terkesan. Ini adalah bukti nyata kalau semua pihak ternyata juga mau ikut andil dalam meningkatkan prestasi basket nasional. Tentunya dukungan penuh akan kami berikan untuk bisa menyukseskan Piala Presiden ini," kata Danny Kosasih.

 

 

Piala Presiden 2019 nantinya akan membagi peserta menjadi tiga grup, turnamen ini akan menggunakan sistem round robbin, dimana hanya akan satu tim dari setiap grup yang berhak lolos ke babak empat besar, plus satu runner-up terbaik.

 

Baca Juga: Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019: Persiapan Menuju Kompetisi 2020

0 Comments