Perjalanan Satria Muda Menuju Final IBL Tokopedia 2022


Aug 25, 2022

Satria Muda Pertamina Jakarta mempunyai tradisi juara di setiap mengikuti kompetisi. Sama dengan musim ini, mereka tetap menargetkan gelar juara IBL Tokopedia 2022. Mereka tinggal selangkah lagi untuk mewujudkan target tersebut, dengan melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta di final. 

Skuad inti SM tak banyak berubah musim ini. Tapi mereka menambahkan pemain-pemain yang cukup memberi dampak nyata bagi tim seperti Antoni Erga. Point guard muda tersebut menjadi pengganti yang sempurna untuk Hardianus Lakudu, yang mengalami cedera di awal musim. 

Komposisi tim ini tidak berubah, seperti Arki Dikania Wisnu, M. Sandy Aziz, Laurentius Steven Oei, Juan Laurent Kokodiputra. Sementara di lini kedua masih ada M. Rizal Faconi. Avan Seputra, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, hingga rookie Kelvin Sanjaya. Kehadiran mereka membuat skuad SM punya kekuatan merata antara inti dan cadangan. 

Dari Draft IBL Foreign Player, SM cukup puas dengan performa Elijah Foster di musim 2020. Sehingga mereka memanggilnya lagi. Sementara satu kuota lagi sempat mengalami pergantian. Awalnya SM mengambil William Tinsley, kemudian di pertengahan musim, mereka menggantinya dengan Brachon Griffin hingga sekarang. 

SM memulai perjalanan mereka di IBL dengan kekalahan. Mereka kalah 65-69 atas Pelita Jaya di pertandingan pertama. Total kekalahan SM sebanyak tiga kali. Selain PJ, tim yang mengalahkan SM di musim 2022 adalah Dewa United Surabaya dan Indonesia Patriots. Selama reguler season 2022, SM menang 19 kali dari 22 game. Mereka menempati peringkat kedua secara keseluruhan, di bawah PJ untuk klasemen akhir. 

Tapi SM malah tampil sempurna di Playoffs. Mereka sapu bersih di babak pertama dan semifinal. SM menunjukkan kalau mereka sudah masuk Playoffs, tidak boleh lagi ada kesalahan. Di putaran pertama SM melibas Hangtuah dengan skor 88-86 di game pertama, dan 82-75 di game kedua. Menginjak semifinal, mereka juga mengubur mimpi Prawira Bandung dengan dua game langsung. SM menang 85-77, dan di game kedua menang 73-54. SM melibas tim yang punya tiga gelar individu. 

Di babak final nanti, SM akan kembali berhadapan dengan PJ. Motivasi bertanding SM sedang bagus. Karena mereka berniat menjadi tim aktif dengan gelar juara terbanyak di Indonesia. SM ingin mencetak sejarah tersebut. Jadi jangan lewatkan pertandingan game pertama Final IBL Tokopedia 2022, tanggal 27 Agustus 2022, di GOR C-Tra Arena, Bandung. (*)