News Event

Penderitaan Pacific Berakhir Setelah Tundukkan Satya Wacana

31 May 2024
|

Pacific Caesar Surabaya mampu meraih hasil positif setelah 12 kali kalah berturut-turut, sejak bulan Februari 2024. Ini menyusul kemenangan Pacific atas Satya Wacana Salatiga dengan skor 77-67 di Knight Stadium Semarang, Jumat malam (31/5), dalam lanjutan pekan ke-14 musim reguler IBL Tokopedia 2024. Pacific memanfaatkan situasi Satya Wacana yang tidak diperkuat Tyree Robinson. 

Tidak adanya Robinson yang menjadi pemain tersubur di tim Satya Wacana, maka skuad asuhan Jerry Lolowang tersebut bermasalah dari sisi produktifitas poin. Hal ini terlihat dari perolehan second chance points Pacific yang cukup tinggi dengan 18 poin. Tim tamu juga mengumpulkan 57 rebound, dengan 20 diantaranya adalah offensive rebound. 

Namun Pacific sendiri belum bisa nyaman memimpin laga sampai kuarter ketiga. Mereka masih dibayang-bayangi Satya Wacana, dengan hanya keunggulan enam angka (56-50) saat kuarter ketiga ditutup. Pacific baru bisa mendapatkan keunggulan double digit (10 poin) di awal kuarter keempat, setelah Jaylyn Richardson memasukkan dua angka dengan layup. Kemudian di sisa empat menit, dua free throw Stephen Hurt membuat tim tamu menjauh dengan jarak 12 angka (68-56). 

Di sisa waktu yang ada, Satya Wacana mulai kelelahan. Bukan hanya produktifitas saja yang menurun, fokus dalam bertahan juga sudah mulai kabur. Sehingga Pacific bisa mengunci kemenangan setelah Jaylyn Richardson mencetak tembakan tiga angka melalui sebuah skema serangan yang baik. Satya Wacana pun terpaksa menerima kekalahan keempat berturut-turut dalam lima laga terakhir. 

Dari tim Pacific, Stephen Hurt tampil solid dengan mencetak 23 poin dan 15 rebound. Sementara Keljin Blevins akhirnya bisa memetik kemenangan perdananya di IBL Tokopedia 2024, sejak bergabung dengan Pacific. Blevins di laga ini menyumbang 16 poin, tujuh rebound, tiga assist, dan dua steal. Sedangkan dari bangku cadangan, Jaylyn Richardson menambahkan 14 poin. 

"Kami mencoba memaksimalkan transisi, dan juga tidak bisa dipungkiri bahwa mereka sedang kurang lengkap. Kami pernah dalam situasi yang sama dengan Satya Wacana di pekan lalu. Itu memang sulit, tanpa satu pemain asing. Tapi kami mencoba untuk tetap fokus pada permainan kami, dan memenangkan pertandingan," kata Stephen Hurt. 

Pemain lokal Pacific yang bersinar di laga kali ini adalah Daffa Dhoifullah dengan kontribusi 12 poin. Lalu Christian Yudha membukukan 11 rebound, sembilan poin, dan tiga assist. Faktor lain yang memberikan kemenangan bagi Pacific adalah jumlah free throw. Mereka memasukkan 31 free throw dari 51 kesempatan. Pacific meraih kemenangan kedua dari 19 pertandingan (2-17). 

Dua pemain asing Satya Wacana bermain habis-habisan untuk mempertahankan poin kandang. Michael Henn mencetak 28 poin dan 19 rebound, sementara Isaac Asrat menambahkan 21 poin dan sembilan rebound. Tapi keduanya belum bisa menyelamatkan Satya Wacana dari kekalahan ke-15 musim ini (5-15). Namun karena baru pertama bertemu dengan Pacific, maka Satya Wacana masih punya kesempatan untuk membalas kekalahan tersebut pada pertemuan kedua. (*)

Baca Juga: Hangtuah Menang Lewat Perpanjangan Waktu115-109 dengan satya wacana salatiga

0 Comments