News Event

Pembagian Grup IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 Grand Final

12 October 2023
|

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 akan memasuki babak Grand Final. Ini merupakan seri penutup dari rangkaian turnamen tersebut. Format pertandingan kali ini berbeda, khususnya di fase knock-out. 

Sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa ada delapan tim yang berlaga di seri Grand Final. Delapan tim tersebut ditentukan melalui klasemen dari empat seri yang sudah diikuti sebelumnya. Sehingga terpilih dari peringkat pertama hingga delapan, yakni Satria Muda Pertamina Jakarta, Amartha Hangtuah Jakarta, Prawira Harum Bandung, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Bumi Borneo Basketball Pontianak, RANS PIK Basketball, Dewa United Banten, dan West Bandits Solo. 

Di babak penyisihan grup, delapan tim dibagi menjadi dua pool. Pembagian ini tidak sembarangan, namun berdasarkan sistem seeded atau unggulan, yang ditentukan dari peringkat tour standings. Dengan format tersebut, maka Pool A akan berisi Satria Muda, Pelita Jaya, Bumi Borneo, dan West Bandits. Sedangkan Pool B berisi Hangtuah, Prawira, RANS, dan Dewa United. 

Setelah melalui babak penyisihan, maka akan ada tiga tim yang melaju ke babak knock-out. Skemanya adalah tim yang menduduki peringkat pertama atau juara pool, langsung ada di semifinal. Sementara runner-up dan tim peringkat ketiga akan bertarung di babak quarter final. Namun terjadi persilangan dari dua pool. Dengan format ini, maka tim-tim harus berjuang untuk mendapatkan peringkat pertama. Karena mereka punya keuntungan untuk langsung berada di semifinal. 

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 Grand Final akan berlangsung di Balaikota ,Solo. Seri pamungkas ini akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Oktober 2023. 

Baca Juga: Roster IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 - Grand Final

0 Comments