News Event

Roster IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 - Grand Final

19 October 2023
|

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 sudah memasuki fase akhir. Seri Grand Final akan berlangsung pada 20-21 Oktober di Solo. Fase ini hanya diikuti enam tim di kategori Elite. Mereka akan berebut gelar juara, dan hadiah berangkat ke Hong Kong untuk mengikuti FIBA 3x3 World Tour Masters 2023. 

Sekali lagi dijelaskan bahwa tour standings yang didapatkan dari empat seri penyelenggaraan sebelumnya, hanya untuk menentukan delapan tim yang masuk ke Grand Final. Selanjutnya, delapan tim inilah yang akan berebut gelar juara IBL 3x3 edisi tahun 2023 ini. Sehingga delapan tim peserta ini akan menurunkan skuad terbaiknya. 

Satria Muda Pertamina Jakarta di seri pamungkas ini akan turun dengan kekuatan empat pemain terbaik, yakni Ali Bagir Wayarabi Alhadar, M. Sandy Ibrahim Aziz, Antoni Erga, dan Avan Seputra. Kemudian Amartha Hangtuah Jakarta yang berada di peringkat kedua, kali ini menurunkan Dio Syahputra Dyanza, Dandung O'Neal Pamungkas, Gunawan, dan I Putu Yudiantara. 

Tim peringkat ketiga dalam tour standings, Prawira Harum Bandung, tampaknya tidak mau main-main lagi. Kali ini mereka menurunkan Hans Abraham, Indra Muhammad, Pandu Wiguna, dan Teemo Tan. Sementara Pelita Jaya Bakrie Jakarta tetap dengan roster yang berisi Kharis Agung Indarji, Abiyyu Ramadhan, M. Hardian Wicaksono, dan Govinda Julian Saputra. 

Bumi Borneo Basketball Pontianak kali ini menurunkan Calvin Chrissler, Raymond Shariputra, Valentino Wuwungan, dan M. Ari Daffa. Sedangkan RANS PIK Basketball untuk seri terakhir ini diperkuat oleh Ida Bagus Ananta Wisnu Putra, Fatur Dzikri Shihab, Alexander Franklyn, dan Oki Wira Sanjaya. 

Tim peringkat ketujuh yang masuk Grand Final adalah Dewa United Banten. Empat pemain yang diturunkan yakni Katon Adjie Baskoro, Bryan Fernando Korisano, Dio Tirta Saputra, dan Ferdian Dwi Purwoko. Sementara tim terakhir adalah West Bandits Solo yang kali ini menurunkan Jason Christhoufer Kurniawan, Qiflan Ovalino, Respati Ragil Pamungkas, dan Habib Titoaji. 

Di babak penyisihan grup, delapan tim dibagi menjadi dua pool. Pembagian ini tidak sembarangan, namun berdasarkan sistem seeded atau unggulan, yang ditentukan dari peringkat tour standings. Dengan format tersebut, maka Pool A akan berisi Satria Muda, Pelita Jaya, Bumi Borneo, dan West Bandits. Sedangkan Pool B berisi Hangtuah, Prawira, RANS, dan Dewa United. 

Setelah melalui babak penyisihan, maka akan ada tiga tim yang melaju ke babak knock-out. Skemanya adalah tim yang menduduki peringkat pertama atau juara pool, langsung ada di semifinal. Sementara runner-up dan tim peringkat ketiga akan bertarung di babak quarter final. Namun terjadi persilangan dari dua pool. Dengan format ini, maka tim-tim harus berjuang untuk mendapatkan peringkat pertama. Karena mereka punya keuntungan untuk langsung berada di semifinal. 

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 Grand Final akan berlangsung di Balaikota ,Solo. Seri pamungkas ini akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Oktober 2023. (*)

Baca Juga: 8 Tim yang Berlaga di Seri Grand Final IBL 3x3 2023

0 Comments