Pemain Timnas Mali Mamadou Diakite Merapat ke Bima Perkasa


Jan 27, 2020

Rasa internasional semakin kental di tim Bank BPD DIY Bima Perkasa dalam mengarungi Indonesian Basketball League (IBL) 2020. Ada Devin Gilligan yang berkebangsaan Amerika Serikat. Nantinya, Bima Perkasa juga akan diperkuat oleh Filip Pejovic asal Serbia. Lalu kali ini, tim asuhan Raoul Miguel Hadinoto itu akan mendatangkan pemain asal Mali, Mamadou Diakite.

Mamadou Diakite akan menggantikan Blake Ty Truman. Bigman yang dirasa kurang memberi kontribusi di empat laga reguler season IBL 2020. Truman hanya mencetak 4,3 PPG dan 3,0 RPG. Jauh dari harapan timnya. Oleh sebab itu, Truman pun diganti. Pergantian tersebut otomatis menghabiskan kuota penggantian pemain asing yang dimiliki oleh Bima Perkasa. Karena dalam peraturan IBL 2020 disebutkan bahwa tiap-tiap tim hanya punya dua kali pergantian untuk dua pemain asing.

Mamadou Diakite sebagai pengganti Truman punya profil yang menarik. Dia bukan pemain murni Mali, melainkan keturunan Mali - Amerika Serikat. Diakite lahir di Philadelphia, namun pada FIBA Afro Basket 2017, namanya masuk roster timnas Mali. Artinya, Diakite memilih kewarganegaraan Mali.

Pemain berusia 26 tahun tersebut punya tinggi 196 sentimeter dengan posisi asli sebagai forward. Diakite tercatat sebagai pemain Benahavis Costa Del Sol di liga basket profesional Spanyol pada musim 2018-2019. Dalam 21 pertandingan, Diakite mencetak 13,4 PPG dan 8,3 RPG dengan 49 persen poin dicetak dari dalam paint area. Artinya, Diakite sangat kuat dalam hal poin dan rebound di paint area. 

Diakite bisa menjawab kekurangan Bima Perkasa khususnya di sisi offensive rebound. Sebab dalam empat pertandingan, rata-rata Off rebounds Bima Perkasa hanya 13,5. Bila itu bisa ditingkatkan, bukan tidak mungkin Bima Perkasa kembali ke papan atas. Sebab musim lalu, mereka juga bisa menembus babak Play Off. 

 

 

Credit Photo : Kevin Airey