News Event

Pemain Termuda dan Tertua di IBL Tokopedia 2024

13 January 2024
|

Usia hanyalah deretan angka. Itulah yang selalu dikatakan oleh pemain-pemain yang tetap bertahan di liga profesional. Kalau di NBA, kita mengenal LeBron James yang masih bermain hingga usia 39 tahun, Indonesia juga punya Kelly Purwanto. Sementara, ada pula pemain termuda yang kini disandang oleh Dame Diagne. 

Dame memang sudah masuk IBL sejak musim lalu. Tetapi karena dia bermain untuk Indonesia Patriots, maka tidak terhitung sebagai pemain profesional. Baru setelah Dame resmi diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Satria Muda Pertamina Jakarta, maka dia masuk IBL dengan status rookie. 

Dame lahir pada tanggal 29 Juli 2005. Ketika Dame dimainkan pada pertandingan Satria Muda melawan Borneo Hornbills, 13 Januari 2024, maka dia tercatat sebagai pemain termuda di IBL Tokopedia 2024 dengan usia 18 tahun, lima bulan, dan 15 hari. 

Sekadar informasi bahwa ada dua pemain dalam roster IBL musim ini yang lahir di tahun 2005. Selain Dame, ada Radithyo Wibowo, rookie Dewa United yang lahir tanggal 25 April 2005. Sehingga kalau dilihat dari tanggal kelahiran, Radithyo lebih tua dari pada Dame. 

Kembali ke Kelly Purwanto, di mana ketika dia dimainkan dalam laga Amartha Hangtuah melawan Bali United, maka Kelly akan mencetak rekor sebagai pemain tertua di IBL musim ini. Dia akan berusia 40 tahun, lima bulan, dan 10 hari saat laga pertama. Kelly akan memainkan musim ke-21 dalam karier profesionalnya. 

IBL Tokopedia 2023 akan dimulai 13 Januari, dibuka dengan pertandingan Bali United Basketball melawan Amartha Hangtuah Jakarta, di GOR Purna Krida, Badung, Bali. (*)

Baca Juga: Andre Yuwadi, Pelatih IBL Termuda Meninggal Dunia

0 Comments