News Event

Pemain IBL di PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara

02 September 2024
|

Pada jeda kompetisi kali ini ada sejumlah event bola basket bergengsi yang digelar. Salah satunya adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara. Setidaknya ada 19 pemain IBL yang berjuang membela daerahnya masing-masing. 

Untuk kategori putra, ada 10 tim yang bertanding yaitu berasal dari provinsi Bali, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Aceh, Kep. Bangka Belitung, dan Sumatera Utara. Dari 10 daerah tersebut ada setidaknya 19 pemain IBL, atau yang masuk roster tim IBL di musim 2024. 

Dari roster tim-tim peserta PON XXI untuk cabang olahraga basket, Pacific Caesar Surabaya yang memiliki paling banyak pemain. Sebut saja ada Frederico Nathaniel Darmawan, Daffa Dhoifullah, Aven Ryan Pratama, dan M. Iqbal Hardianto. 

Sementara ada masing-masing tiga pemain dari Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Harum Bandung, dan Satya Wacana Salatiga. Dari Satria Muda ada Adrien Chalias, Julian Chalias, dan Karl Patrick Gloria. Lalu dari Prawira ada Refka Pangestu, dan tentu saja Fernando Manansang. Kemudian dari Satya Wacana ada Naufal Narendra Ranggajaya, Rexy Fernando, dan Yehezkiel Rahadiyanto.

Pelita Jaya Jakarta punya dua pemain yang saat ini tampil di PON, yaitu Hendrick Xavi Yonga, Anto Febrianto Boyratan dan Greans Tangkulung. Sedangkan ada empat tim yang memiliki setidaknya satu pemain yang tampil di PON, yaitu Gede Elgi Wimbardi dari Bali United Basketball, Sultan Prawira dari Borneo Hornbills, Daniel Salamena dari RANS Simba Bogor, serta Jordan Oei yang baru saja dilepas oleh Dewa United Banten.

PON merupakan ajang yang menarik bagi pemain-pemain muda. Mengingat kesempatan mereka membela daerah masing-masing di PON sangat terbatas. Karena PON dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Setelah ini, mereka harus kembali ke tim masing-masing untuk bersiap tampil di IBL All Indonesian 2024. (*)

Baca Juga: Surliyadin Tidak Pulang ke Aceh Demi Keselamatan Keluarga

0 Comments