Pelita Jaya Tim Paling Produktif Selama Seri Jakarta


Jan 24, 2022

Pelita Jaya Bakrie Jakarta tampil meyakinkan di seri pertama IBL Tokopedia 2022. Mereka yang lebih dulu mencetak sapu bersih di Hall Basket Senayan. Catatan statistik menunjukkan kalau PJ menjadi tim paling produktif di Seri Jakarta. 

Dari catatan statistik rata-rata tim, PJ mencetak 81,8 PPG dalam 4 game. Mereka menempati tempat pertama dengan points per game tertinggi di liga selama seri pertama. Kemudian untuk rebound juga paling tinggi dengan catatan rata-rata 41,8 RPG. Tapi untuk points allowed (kemasukan) Pelita Jaya ada di urutan ke-12 dengan 68,5 points per game. Karena tim yang paling sedikit kemasukan adalah Satria Muda Pertamina Jakarta dengan hanya 50,8 points per game, yang masuk ke ring mereka. 

Produktifitas poin PJ tak lepas dari performa apik beberapa pemain. Kalau kita lihat dari catatan statistik maka ada empat pemain dengan kontribusi double digit points. Pertama ada Dior Alexandros Lowhorn dengan 19,3 PPG. Di tempat kedua ada M. Hardian Wicaksono dengan catatan 11,5 PPG, dan ketiga ada Andakara Prastawa Dhyaksa yang mampu mencetak 11,0 PPG. Terakhir ada Reggie Mononimbar dengan catatan rata-rata 10,5 PPG selama seri pertama. 

Kalau dilihat secara keseluruhan, dari semua pemain dalam roster PJ, maka semua punya kontribusi poin, kecuali Hendrick Yonga dan Abiyyu Ramadhan. Kalau saja keduanya bisa mencetak poin, maka PJ benar-benar sangat berbahaya di liga musim ini. Mereka memang sedang mengincar gelar juara yang musim lalu lepas. 

Meski sudah bertemu SM, namun PJ belum bertemu tim-tim yang improve di liga musim ini seperti Dewa United Surabaya, NSH Mountain Gold Timika, atau Prawira Bandung. Jadi sangat menarik untuk memperhatikan bagaimana performa PJ di seri-seri berikutnya. (*)