News Event

Pelita Jaya Rebut Kemenangan Game 1 Atas Prawira

25 July 2024
|

Satu kaki Pelita Jaya Jakarta menginjak Final IBL tahun ini. Kepastian tersebut didapat setelah mereka menang 84-80 atas Prawira Harum Bandung, di C-Tra Prawira Arena, Kamis malam (25/7). Semifinal Game 1 berlangsung panas selayaknya partai puncak. Di menit-menit akhir, Prawira tidak mampu menghalau tembakan Justin Brownlee dan Andakara Prastawa Dhyaksa. 

Top score Pelita Jaya di laga ini adalah K. J. McDaniels dengan 24 poin. Tetapi ada dua pemain yang paling berjasa dalam kemenangan kali ini. Justin Brownlee mencetak 22 poin, termasuk tembakan tiga angka di sisa satu menit untuk membalikkan keadaan menjadi 82-78. Kemudian ada Prastawa dengan turn around jump shot di sisa 18 detik, yang mengunci kemenangan Pelita Jaya. Prastawa hanya mencetak dua poin saja di laga ini, namun itu poin yang sangat penting. Sementara Jerome Anthony Beane Jr. dari bangku cadangan menambahkan 18 poin. 

"Kami menjalankan bola dengan baik. Menyerang bersama-sama adalah kunci dari kemenangan kami. Tetapi kemenangan ini sangat penting bagi kami. Dan, kami semakin percaya diri untuk memenangkan seri ini," kata Justin Brownlee setelah pertandingan. 

Panasnya laga sudah bisa dirasakan sejak awal, ketika kedua tim bermain imbang, 17-17, di kuarter pertama. Prawira tampil lebih baik di kuarter kedua untuk mencetak keunggulan 41-37 saat turun minum. Di kuarter ketiga, Pelita Jaya tampil lebih agresif dengan mereka bisa membalikkan keadaan. Lewat buzzer beater Anthony Beane, Pelita Jaya unggul tujuh angka (61-54) saat kuarter ketiga ditutup. 

Sementara di kuarter kempat, terjadi enam kali pergantian keunggulan dari kedua tim. Prawira yang sempat tertinggal sembilan angka di awal kuarter keempat, bangkit lewat performa apik dari Yudha Saputera dengan tembakan jarak jauhnya. Di sisa tiga menit terakhir, Pandu Wiguna mencetak tiga kali slam dunk untuk menjaga asa tuan rumah memenangkan laga ini. Tetapi Brownlee dan Prastawa mengubur harapan tersebut di detik-detik terakhir. 

Yudha Saputera memimpin Prawira dengan torehan 20 poin. Bermain selama 35 menit, Yudha mencetak akurasi tembakan 7-dari-11 percobaan, termasuk enam kali three point. Brandone Francis memasukkan 19 poin. Diikuti Antonio Hester dengan kontribusi 15 poin dan 11 rebound. Kedua tim bermain sama baiknya di pertemuan pertama. Tetapi Pelita Jaya menghukum Prawira yang lengah di menit-menit akhir. 

Pelita Jaya sementara unggul 1-0 di semifinal. Laga berikutnya akan bergeser ke Indoor Stadium SC, Tangerang, yang kali ini menjadi home-court Pelita Jaya, Sabtu mendatang. Jika diperlukan Game 3, Pelita Jaya akan tetap jadi tuan rumah. (*)

Baca Juga: Menolak Lupa: Pelita Jaya EMP Jakarta Juara IBL 2017, Liga Era Baru

0 Comments