News Event

Pekan Keenam yang Bersejarah

12 March 2024
|

IBL Tokopedia 2024 telah melewati pekan keenam, yaitu mulai 6 hingga 10 Maret 2024. Pekan yang bisa dibilang sangat istimewa dan penuh catatan sejarah. Pekan yang menjadi penentu langkah selanjutnya dari klub-klub kontestan liga musim ini. Hingga rekor-rekor yang tercipta di liga basket profesional Indonesia. 

Di awal, kita sudah disuguhi dengan pertandingan sarat rekor. Dewa United menang 130-95 atas Pacific Caesar. Ada banyak rekor yang tercipta dalam pertandingan kali ini. Sejak IBL digulirkan kembali pada 2016, ada dua pertandingan yang mencapai skor tertinggi, atau di atas 110 poin. Pada 27 April 2016, CLS Knights Surabaya menang melawan Pacific Caesar Surabaya dengan skor 116-45. Kemudian pada IBL musim 2020, tepatnya 10 Januari 2020, Amartha Hangtuah menang 115-109 atas Satya Wacana Salatiga, melalui overtime. Sehingga bisa dikatakan bahwa Dewa United sekarang memegang rekor skor tertinggi 130 poin di IBL. 

Dewa United juga mencetak keunggulan 39-19 atas Pacific di kuarter pertama. Sehingga mereka memiliki rekor tertinggi di kuarter pertama untuk IBL Tokopedia 2024. Kemudian, skuad asuhan Pablo Favarel tersebut juga memecahkan rekor tertinggi dalam satu kuarter dengan 41 poin, yang mereka cetak di kuarter ketiga. 

Dewa United juga unggul 50 poin (biggest lead), sebelum menghempaskan Pacific, yang bisa disebut sebagai margin keunggulan tertinggi musim ini. Mereka juga mencetak 37 assist sepanjang pertandingan. Dalam hal akurasi tembakan, Dewa United mencetak 17 three point di laga kali ini. Permainan Dewa United kali ini menunjukkan bahwa mereka benar-benar mendominasi permainan, khususnya dalam hal offense. 

Tak berhenti sampai di situ, Dewa United menang 126-85 atas Satya Wacana Salatiga pada 10 Maret 2024. Melanjutkan delapan kemenangan beruntun tanpa kalah. Mereka kembali mencetak 17 three point. Namun rekornya adalah Dewa United mencetak 44 assist dalam satu pertandingan. Dewa United rupanya ingin menciptakan sejarah baru di liga ini. 

Bergeser ke tim lainnya. Di mana persaingan antara Prawira Harum Bandung dan Satria Muda Pertamina Jakarta memasuki babak baru. Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Prawira belum pernah menang beruntun dari Satria Muda. Namun kali ini, di pekan keenam IBL Tokopedia 2024, Prawira menang 76-68. Kalau disandingkan dengan pertemuan musim lalu, maka ini pertama kalinya Prawira menang dari Satria Muda dua laga berturut-turut. 

Sementara itu di Yogyakarta, terjadi pertarungan sengit antara Bima Perkasa Jogja dan Borneo Hornbills. Ternyata laga ini juga menjadi sejarah bagi Borneo, di mana mereka akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Borneo meraih kemenangan perdana setelah tujuh kali meraih hasil minor. Borneo menang 86-76, yang menjadi kemenangan perdananya di IBL Tokopedia 2024 (1-7). Perjalanan panjang sudah dilalui Borneo untuk mendapatkan kemenangan ini. 

Perjalanan masih panjang. Kontestan liga belum ada yang mencapai separuh jalan. Sehingga masih banyak keseruan yang akan disaksikan oleh IBL Fans musim ini. (*)

Baca Juga: Jelang Pekan Ke-6, Persaingan Makin Ketat

0 Comments