News Event

Pekan ke-10 yang Penuh Rekor

07 May 2024
|

Tak terasa, musim regular IBL Tokopedia 2024 sudah melewati pekan ke-10. Para kontestan liga kini menyambut pekan ke-11 yang akan berlangsung pada 10 hingga 12 Mei ini. Namun sebelum itu, kita lihat dulu catatan-catatan rekor selama pekan ke-10.

Ada Dewa United Banten, yang Dewa United Banten kembali menambah koleksi kemenangan beruntunnya menjadi 12 kali. Artinya Dewa United sudah berhasil mencatatkan rekor baru, sebagai tim yang menang 12-0 sejak IBL dimulai. Hasil ini diperoleh setelah tim asuhan Pablo Favarel menang 92-57 atas Satya Wacana Salatiga, di Knight Stadium Semarang, akhir pekan lalu. 

Musim lalu, ada Satria Muda Pertamina Jakarta yang memulai laga dengan rekor 11-0. Tetapi musim ini, rekor pertandingan tersebut dipecahkan oleh Dewa United. Mereka belum pernah kalah dalam 12 pertandingan sejak liga digulirkan pada bulan Januari lalu. Tentunya Dewa United masih berpeluang memperpanjang rekor tersebut di pekan ke-11. 

Kembali membahas tentang performa klub. Kesatria Bengawan Solo juga menjadi tim yang terpanas di liga musim ini. Mereka menang 11 laga berturut-turut dalam rekor 11-1. Menang 11 kali berturut-turut, rasanya belum pernah dialami oleh siapa pun di tim Kesatria, utamanya pemain lokal. Sepertinya ini juga rekor terbaik yang pernah dicatatkan oleh head coach Efri Meldi sepanjang kariernya. Di pekan ke-11 nanti, Kesatria dijadwalkan bertandang ke markas Rajawali Medan. 

Rekor baru untuk IBL Tokopedia 2024 juga dicetak oleh salah satu pemain asing Borneo Hornbills. Michael Qualls mencetak 45 poin, menjadi poin terbanyak dalam satu pertandingan di IBL Tokopedia 2024, dan yang paling penting membawa Borneo Hornbills menang 95-88 atas RANS Simba Bogor. Qualls tampil selama 30 menit 39 detik dengan mencetak 16 tembakan dari 25 attempt, termasuk empat kali three poin. Qualls yang mencetak 25 poin di babak kedua, untuk membalikkan keadaan. Dia juga menambahkan enam rebound, empat assist, dua steal, dan satu block. Qualls mencetak 19 poin selama dari total 30 poin Borneo di kuarter keempat.

Rekor Qualls ini mengalahkan catatan poin terbanyak dalam satu pertandingan yang dicetak oleh Lester Prosper dengan 42 poin, pada bulan April lalu. Tetapi perlu diingat bahwa rekor poin terbanyak dalam satu pertandingan di IBL masih dipegang oleh Gary Jacobs Jr. dengan 61 poin pada tahun 2017 silam. 

Pekan ke-11 IBL Tokopedia 2024 akan dimulai pada 10 hingga 12 Mei mendatang. Ada 10 pertandingan di pekan tersebut, dan tim-tim sudah mulai mengamankan posisi di klasemen untuk masuk ke zona playoffs. (*)

Baca Juga: Jelang Pekan Ke-6, Persaingan Makin Ketat

0 Comments