News Games

Patriots Yang Mencuri Perhatian

13 April 2021
|

Penampilan tim elite muda Indonesia Patriots mencuri perhatian dalam gelaran fase pertama Kompetisi IBL Pertamax 2021. Kemunculannya memang dinanti, publk bola basket Indonesia penasaran menyaksikan para pemain muda berlaga, namun semula tak berharap banyak mereka akan mampu mengimbangi para pemain senior yang sudah lebih dulu malang melintang di liga professional.

“Tujuan kami hanya mencari pengalaman dan menambah jam terbang buat pemain agar mereka siap jika musim berikutnya bermain di IBL,” kata manajer tim Patriots, Andi “Batam” Poedjakesuma.

Patriots hanya bertujuan menambah pengalaman, namun hasilnya cukup mengejutkan. Lima laga awal mereka tuntaskan dengan kemenangan atas NSH Mountain Gold, West Bandits Solo, Amartha Hangtuah, Prawira Bandung dan Satya Wacana Saints Salatiga. Mereka baru menelan kekalahan pada laga kelima dari Satria Muda Pertamina.

Akhirnya Patriots berada pada posisi kedua Divisi Putih di bawah Satria Muda. “Masih banyak kekurangan anak-anak. Saya melihat ada tren menurun di akhir fase pertama,, bisa jadi karena kejenuhan sebulan berada dalam gelembung” kata Batam.

Patriots memang diharapkan menjadi pelapus tim nasional senior Indonesia. Program latihan buat mereka bahkan sinkron dengan program dari pelatih nasional Rajko Toroman yang dieksekusi pelatih Youbel Sondakh dengan dua asistennya, Andrie Ekayana dan Koko Heru Setyo Nugroho.

Patriots diperkuat dua pemain asal Senegal, Dame Diagne dan Serigne Kane yang masih berusia 15 tahun. “Mereka masih muda, berprospek tetapi memang ada kendala komunikasi. Dame dan Serigne berbahasa Prancis, namun kalau Bahasa basket tak ada masalah besar,” tutur Batam.

“Enam pemain ikut berlatih dengan timnas senior. Kami juga sudah dan akan terus memantau pemain-pemain muda Indonesia lainnya. Saya ingin selalu ada persaingan sehat di dalam tim,”tegas Batam. Tim muda ini juga akan diagendakan mengikuti turnamen di luar negeri guna semakin mematangkan mental mereka.

Patriots mengakhiri kiprah mereka setelah usai fase pertama. Sejak awal, program mereka tidak akan menuju babak play off. “Tujuan obyektif kami bukan menjadi juara. Anak-anak sudah mendapatkan pengalaman berharga di IBL Pertamax 2021,” kata Youbel.

Indonesia Patriots telah memberi warna indah pada fase pertama IBL Pertamax 2021. Maj uterus anak-anak muda harapan masa depan bola basket Indonesia.

Baca Juga: Amartha Hangtuah gagal membendung Indonesia Patriots

0 Comments