Misi Balas Dendam Satya Wacana dari Amartha Hangtuah


Jan 07, 2020

Regular Season Indonesian Basketball League (IBL) 2020 akan dimulai 10 Januari mendatang. GOR Sahabat Semarang akan jadi saksi dibukanya persaingan tim-tim profesional Indonesia. Di Seri I Semarang ini, sudah terjadi pertandingan-pertandingan sarat gengsi. Salah satunya pertemuan antara Satya Wacana Salatiga melawan Amartha Hangtuah. Tim yang sama-sama menduduki juru kunci klasemen musim lalu.

Pada IBL 2018-2019, format kompetisi untuk regular season adalah dibagi menjadi dua divisi, yaitu Red dan White. Hangtuah ada di Red Division, sedangkan Satya Wacana di White Division. Kedua tim musim lalu sama-sama kurang beruntung. Hangtuah dapat enam kemenangan dari 18 pertandingan. Satya Wacana menang empat kali dari 18 gim. Mereka sama-sama menduduki peringkat lima di klasemen masing-masing.

Untuk Cross Division, musim lalu tim-tim dari masing-masing divisi bisa bertemu satu kali dalam semusim. Ternyata hasilnya, Hangtuah menang 78-81 di Seri I Semarang. Artinya, kedua tim akan kembali bertemu di Semarang, dan juga di seri pembuka. Namun berbeda dengan musim sebelumnya, pada IBL 2020 kali ini, keduanya bisa bertemu dua kali. Karena sudah memakai sistem kompetisi penuh. 

Bila mengingat musim lalu, duel kedua tim ini dimenangkan oleh Hangtuah. Saat itu, Jarad Scott mencetak 27 points dan Gary Jacobs Jr. menyumbang 16 points untuk Hangtuah. Sedangkan Satya Wacana ditopang oleh Madarious Gibbs dengan torehan 33 points. Musim ini, nama-nama tersebut tidak ada di roster kedua tim. Dengan kata lain, duel ini lebih segar, karena menampilkan pemain-pemain asing yang baru dari masing-masing tim.

Tetapi sebelum menyaksikan Big Match antara Satya Wacana melawan Hangtuah, IBL Fans akan diajak untuk mengikuti Opening Ceremony IBL 2020. Nantikan kejutannya, dan jangan lupa datang langsung ke GOR Sahabat Semarang, pada 10-12 Januari nanti. (*)