Meski Tinggalkan Prawira, Galank Gunawan Sepertinya Belum Ingin Pensiun


Oct 25, 2022

Galank Gunawan sudah resmi berpisah dengan Prawira Bandung. Namun kemungkinan besar dirinya tidak akan meninggalkan basket profesional. Mengingat targetnya belum tercapai. Jadi IBL Fans harus menunggu, ke mana Galank akan berlabuh selanjutnya. 

Tidak bisa dipungkiri kalau Galank sudah bolak-balik klub sejak musim 2017-18, yang bermain untuk Prawira. Kemudian pada 2018-19 di membela Bima Perkasa Jogja. Musim 2020 Galank pindah ke Louvre Surabaya. Musim 2021 kembali lagi ke Bima Perkasa, dan terakhir di musim 2022, dia kembali lagi ke Prawira. 

Tapi dalam lima musim terakhir, performa terbaik Galank dicetak saat bermain di Bima Perkasa musim 2018-19. Dia bermain 20 pertandingan dengan rata-rata tampil selama 28 menit per game. Dia berkontribusi sebesar 4,8 ppg dan 9,1 rpg. Selebihnya, Galank tidak mampu berkontribusi sebesar itu. Malah di musim 2022 dia hanya bermain 15 game dengan rata-rata minute play sebanyak 8,5 menit per game. Untuk rebound sendiri hanya 2,5 rpg selama satu musim. 

Meski performanya menurun, Galank masih dianggap sebagai paint protector lokal yang layak diperhitungkan. Kemampuan rebound-nya sangat membantu tim. Meski untuk saat ini kontribusi poinnya tak sebanyak dulu. Galank pernah mengatakan kalau dirinya belum ingin pensiun, karena masih punya cita-cita untuk menjadi juara lagi. Jadi IBL Fans harus mengikuti perkembangan liga, agar tahu ke mana Galank akan bermain untuk musim depan. (*)