Dramatis! Amartha Hangtuah Petik Kemenangan Berharga


Mar 28, 2022

Lewat perpanjangan waktu, Amartha Hangtuah memetik kemenangan pada detik terakhior 83-82 atas tim tangguh Prawira Bandung pada lanjutan Kompetisi IBL Tokopedia 2022 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin 28 Maret.

Kemenangan ini sangat berharga bagi Hangtuah karena mengantarkan mereka ke babak playoff, sementara bagi Prawira tak mempengaruhi jalan mereka ke babak delapan besar tersebut sebab langkah mereka sudah lebih dulu menjejak playoff.

Meski sudah mengantungi tiket play off, Prawira tetap serius sementara Hangtuah bekerja sangat keras menggapai tiket berikutnya. Hal ini yang menjadikan pertandingan berlangsung sangat seru.

Prawira membuka angka lewat M. Reza Fahdani Guntara. Kelly Purwanto mengawali poin Hangtuah. Three points Abraham Damar Grahita dan dua angka dari Reza membuat Prawira unggul 7-2. Kelly dan Reza berbalas angka, Hangtuah kemudian melesat lewat Stefan Carsera, Kelly dan Laqavious Cotton, 16-9.

Taj Davis Spencer memperkecil selisih, Fisyaiful Amir kembali menjauhkan. Tiga angka Carsera menutup kuarter pertama untuk keunggulan Hangtuah, 21-13.

Stevan Wilfredo Neno dan Firdhan Guntara berbalas tiga angka diawal kuarter kedua. Fisyaiful dan Firdhan bergantian mencetak dua angka. Spencer dan Abraham memangkas jarak tinggal lima angka pada lima menit akhir babak pertama 29-24.

Fisyaiful memperlebar jarak, Spencer dan Abraham kembali merapatkan. Anton Waters menjaga selisih, tiga angka dari Yudha kembali merapatkan angka. Reza dan Spencer bahkan membuat Prawira unggul, tapi Three points Neno dan Cotton membawa Prawira memimpin 39-34 padababak pertama.

Prawira tancap gas pada kuarter ketiga. Diawali tiga angka dari Abraham, mereka mampu mengoleksi 30 angka pada kuarter ketiga dan Hangtuah hanya bisa membalas dengan 16 poin. Prawira berbalik memimpin sembilan angka usai kuarter ketiga, 64-55.

Waters dan Sevly Rondonuwu memulai perburuan angka Hangtuah pada kuarter terakhir. Abraham menjaga jarak keunggulan Prawira. Cotton merapatkan selisih, Spencer kembali menjauhkan 70-64 diwaktu tersisa tiga menit.

Hangtuah tidak menyerah. Three points Neno, dua angka Cotton disambung lagi dengan tembakan tiga angka Neno membuat Hangtuah berbalik memimpin 72-70 saat waktu tersisa 1:53 menit. Lay up Abraham 32 detik sebelum kuarter keempat berakhir menyamakan kedudukan. Jump shot Cotton gagal menemui sasaran, perpanjangan waktu pun harus dijalankan.

Semangat Hangtuah tak patah. Mereka malah melesat pada awal overtime. Cotton dan Gunawan membuat Hangtuah melesat, 79-72, namun kemudian angka mereka macet. Prawira mengejar lewat Yudha, Spencer dan Abraham. Anak-anak Bandung berbalik unggul 80-79 saat laga tersisa 49 detik.

Cotton dan Spencer berbalas angka, Prawira masih memimpin 82-81 pada waktu tersisa 20 detik. Jump shot Carsera gagal, Cotton mampu menyelamatkan dengan rebound dan mencetak angka pada satu detik terakhir, tembakan spekulasi Reza tak memenuhi sasaran,  Hangtuah memetik kemenangan sangat berharga, 83-82.

Cotton mencetak double-double dengan 27 angka dan 18 rebound. Kelly dan Neno masing-masing mencetak 12 angka dan Carsera menambah sepuluh angka.

Dari Prawira, Spencer juga mencatat double-double dengan 28 poin dan 19 rebound. Abraham Damar mencetak 17 angka. Yudha dan Hans Abraham masing-masing mengemas 11 poin dan Reza membuat sepuluh angka.