News Tim Nasional

Menang Lawan Mongolia, Timnas Putri Perpanjang Nafas di Asian Games Hangzhou

02 October 2023
|

Berita menggembirakan datang dari Asian Games Hangzhou, di mana Timnas Basket Putri Indonesia menang atas Mongolia dengan sko 69-64, pada hari Minggu (1/10) waktu setempat. Namun masih ada lanjutannya, bahwa perjalanan timnas putri masih belum terhenti, karena mereka melaju ke perempat final. 

Dalam pertandingan melawan Mongolia itu, timnas putri juga nyaris kalah. Tetapi mereka bisa mengambil momentum di empat menit terakhir. Timnas putria unggul 24-16 di kuarter keempat, yang membuat mereka bisa menang dengan margin lima angka.

"Kami berhasil mengamankan satu kemenangan. Meski demikian saya tidak sepenuhnya bangga atas permainan tim hari ini," kata penanggung jawab timnas putri Christopher Tanuwidjaja. "Kami tampil dengan tekanan terlalu berat untuk kami sendiri. Hanya beberapa pemain, kurang dari lima orang, yang memang siap main untuk menang sejak awal. Sisanya main dengan beban. Kami baru main lepas di kuarter keempat."

Perjalanan timnas putri masih berlanjut, karena mereka lolos ke perempat final Asian Games Hangzhou dengan status peringkat ketiga terbaik kedua. Indonesia tepat berada pada posisi ke delapan. Mereka memiliki selisih poin (-64) lebih sedikit daripada Hongkong (-94). Sedangkan Taiwan berada di posisi ketujuh dengan selisih -38. Ketiga tim tersebut sama-sama mengoleksi 4 poin dengan rekor 1-2.

"Terlepas dari hasil pertandingan hari ini, seharusnya dari hitungan kami, Indonesia sudah masuk ke Perempat Final karena termasuk dalam kriteria dua tim posisi ketiga terbaik dari seluruh grup, yang mana sesuai aturan yang berlaku dalam Technical Handbook Basketball Asian Games 2022. 

Sementara setelah digelar drawing, maka timnas putri Indonesia dipastikan berhadapan dengan Jepang, pada hari Senin (2/10) malam. Ini bukan lawan mudah, mengingat Jepang menjadi unggulan pertama dengan selisih poin +171 dari Cina dan Korea Selatan. (*)

Baca Juga: Kalahkan Mongolia, Timnas Basket Putri Memulai dengan Manis

0 Comments