Menang dari Thailand, Indonesia Masuk Tiga Besar di Klasemen SEA Games Hanoi


May 18, 2022

Timnas Basket Putra Indonesia menang 78-75 atas Thailand dalam lanjutan babak penyisihan SEA Games Hanoi, Vietnam, Rabu siang, 18 Mei 2022. Kemenangan tersebut membawa Indonesia masuk tiga besar di klasemen. Menyusul perolehan poin dari Filipina dan Vietnam.

Indonesia yang dipimpin head coach Milos Pejic memulai pertandingan dengan starter berisi Juan Laurent Kokodiputra, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa dan Vincent Rivaldi Kosasih. Dari kubu Thailand menurunkan lima pemain pertama yakni Antonio P. Morgan J., M. Mose, Muangboon N., dan Canatip Jarkawan. 

Indonesia mengawali pertandingan dengan bagus. Mereka memimpin 19-13 di kuarter pertama. Indonesia sempat unggul 5-0 di awal laga berkat jump shot dari Vincent dan three point play Prastawa. Namun perlahan Thailand mulai mengejar ketertinggalan mereka, hingga mendekat dengan margin satu angka (9-10). Perolehan poin Indonesia ditutup oleh lay up Agassi Goantara di sisa 37 detik. 

Permainan Indonesia menurun di kuarter kedua, hingga Thailand bisa menyamakan kedudukan. Thailand yang tertinggal akhirnya bisa berbalik memimpin 26-25 lewat dua kali free throw Antonio. Indonesia kurang bisa mengembangkan permainan mereka di kuarter kedua ini. Indonesia hanya mencetak 12 angka saja di sepanjang kuarter kedua. Beruntung di 57 detik terakhir, Indonesia menambahkan empat angka melalui Agassi dan Abraham, untuk membuat skor sama kuat (31-31) di paruh pertama. 

Kuarter ketiga berjalan dengan tempo cepat. Kali ini Indonesia mendapatkan irama permainan mereka. Khususnya di tiga menit terakhir. Momentum Indonesia terjadi di sisa satu setengah menit, ketika memasukkan tiga three point berturut-turut. Satu three poin dibuat oleh Jawato, dan dua three poin lainnya dicetak oleh Prastawa. Indonesia memimpin 57-48. Namun sebelum kuarter ketiga berakhir, Thailand sempat mencetak satu three poin. Kuarter ketiga ditutup dengan skor 57-51 untuk keunggulan Indonesia. 

Memasuki kuarter keempat, tugas para pemain bertahan benar-benar berat. Thailand sangat gigih untuk mengejar ketertinggalan. Three point play Antonio membuat Thailand berbalik unggul 66-64. Indonesia sendiri berhasil membalas dengan three point Brandon Jawato (67-66). Tapi Indonesia akhirnya mengunci kemenangan melalui three point Prastawa di sisa satu setengah menit. Karena upaya Thailand di detik-detik terakhir gagal. 

Dari tim Indonesia, Brandon Jawato menyumbang 21 angka. Andakara Prastawa dan Derrick Michael sama-sama mencetak 16 angka. Lalu Abraham Damar Grahita menambahkan 11 angka. Untuk tim Thailand, P. Antonio mencetak 41 angka dengan field goals 11/28 dan free throw 17/18. 

Untuk pertandingan selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada 19 Mei 2022. Kamboja sudah kalah dua laga berturut-turut. (*)

 

 

 

Credit foto : Ariya Kurniawan