News Event

Aturan Pemain Asing Baru Membuat IBL 2024 Bertabur Bintang

28 December 2023
|

Ada delapan pemain yang berstatus sebagai mantan pemain NBA, ada banyak Top Score liga-liga internasional, tak sedikit dari mereka merupakan MVP di liga-liga mancanegara. Inilah gambaran ketika liga menetapkan aturan baru tentang pemain asing untuk IBL 2024. Aturan baru ini memungkinkan tim-tim untuk merekrut pemain asing yang mereka inginkan. Tapi ingat, ada batasan-batasan yang ditetapkan oleh liga. 

Kita mulai dari pemain asing. Selama ini, liga mengatur pemain asing melalui Draft. Para pemain asing yang disediakan oleh liga melalui agen yang sudah ditentukan. Tim-tim tinggal memilih pemain asing sesuai kebutuhan mereka. Namun ada kalanya, pemain yang sudah dipilih terkendala sesuatu hal sehingga tidak datang. Hal ini tentu memicu kekecewaan klub, dan bahkan penggemar basket. 

Maka dari itu, aturan pemain asing diperbaiki oleh liga dengan poin-poin sebagai berikut. Pertama pemain asing dipilih langsung oleh klub tanpa proses Draft. Ini memungkinkan klub bernegosiasi dengan pemain tersebut, termasuk gaji dan lain-lain. Namun IBL memberikan batasan bahwa pemain yang dipilih harus melalui agen berlisensi FIBA atau terdaftar di website FIBA. Serta tim harus menyesuaikan gaji pemain asing dengan salary cap yang sudah ditetapkan oleh liga. 

Jumlah pemain asing ada tiga orang dalam satu tim, dengan hanya dua pemain yang boleh bermain bersamaan di lapangan. Aturan tinggi badan dibatasi, yaitu dua pemain di bawah dua meter, dan satu pemain tanpa batasan tinggi badan. Sementara untuk waktu bermain minimal atau maksimal sekarang sudah dihapuskan. 

Liga juga membuat aturan baru tentang pergantian pemain di tengah musim. Biasanya liga hanya memperbolehkan pergantian dua kali. Tapi untuk IBL 2024 pemain asing bebas diganti kapan saja selama musim reguler. Namun batas akhir pergantian tersebut adalah tiga laga terakhir musim reguler. Artinya, ketika memasuki babak playoffs, pemain asing sudah tidak boleh ada pergantian lagi. Klub-klub juga harus ingat bahwa setiap pemain yang didatangkan harus clear secara administrasi. Dalam hal ini adalah dokumen VISA, KITAS, dan Letter Of Clearence (LOC) dari FIBA. 

Aturan pemain asing yang baru ini memungkinkan klub-klub mencari pemain asing berlabel bintang. Muncul nama-nama keren seperti KJ McDaniels, Jabari Bird, Xavier Alexander, dan banyak lagi bintang-bintang basket internasional yang akan tampil di IBL 2024. Tentu saja ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar basket Indonesia. IBL musim 2024 akan digulirkan mulai 13 Januari mendatang. (*)

Baca Juga: Delapan Mantan Pemain NBA di IBL 2024

0 Comments