News Press Release

Mekanisme Penilaian IBL Awards 2023

29 June 2023
|

Indoesia Basketball League (IBL) seperti tradisi akan memberikan penghargaan kepada para pemain seusai musim reguler. Mereka yang tampil apik akan diberikan awards sesuai dengan performa di lapangan.

Yang berbeda di IBL Awards 2023 ini ada pada penghargaan Wasit Terbaik. Sebelumnya tak ada penghargaan ini. Ada lima wasit yang akan bersaing menjadi yang terbaik yakni Harja Jaladri, Budi Marfan, Rendi Putra, Sedyo Mukti dan Haryanto Sutaryo.

Sementara tujuh kategori lain sudah rutin diberikan seperti Rookie of The Year, Best Foreign Player, Coach of The Year, Most Valuable Player, Most Improved Player, Defensive Player of The Year hingga Sixth Man of The Year.

Adapun mekanisme pemilihan pemenang nominasi dilakukan berbagai pihak di IBL mulai dari pelatih, klub, hingga media. Ada 10 media yang dipilih IBL untuk menjadi perwakilan mereka antara lain Halobasket, Mainbasket, CNN TV, Jawa Pos, Kompas (cetak), Detik, Republika, Pikiran Rakyat, Liputan 6 dan Skor.id.

Setiap voters berhak memilih lima kandidat di setiap kategori, kecuali Coach of The Year yang cuma tiga kandidat. Seperti dalam voting Ballon d'Or. Pemain yang dipilih di posisi pertama mendapat poin 10, posisi dua memperoleh tujuh poin, tiga dapat lima poin, empat hanya tiga poin dan pemain yang dipilih di urutan lima cuma meraup satu poin.

IBL akan menganggap voting tidak sah jika ada dua nama yang ditempatkan dalam 1 peringkat yang sama. Voting ini dilakukan paling lambat 29 Juni 2023 pada pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Media Penentu Penilaian IBL Awards di Luar Statistik

0 Comments