Maruarar Sirait Percaya Indonesia Bisa Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 yang Baik


Feb 04, 2020

Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, menyimpan optimisme tinggi menjelang Piala Dunia Basket 2023. Pria yang akrab disapa Ara itu berkaca banyak dari Asian Games 2018.

Ara menilai, Indonesia dengan segala keterbatasan kala itu mampu menggelar Asian Games 2018. Bahkan, secara prestasi, kontingen Merah Putih mencatatkan sejarah dengan meraih 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Melihat hal tersebut, Ara percaya Indonesia bisa menggelar Piala Dunia Basket 2023 tanpa kendala.

“Beruntung Indonesia punya pak Presiden Jokowi. Dulu banyak orang yang meragukan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, bisa apa tidak? Beliau menunjuk pak Erick Thohir yang memang teruji, profesional, berintegritas. Akhirnya bisa berjalan dengan sangat baik dari segi penyelenggaraan dan juga prestasi,” ungkap Ara.

Tak hanya sebagai tuan rumah, Ara juga ingin tim nasional basket Indonesia turut berpartisipasi dalam ajang empat tahunan. Untuk mewujudkan hal tersebut, tim Garuda minimal harus lolos ke FIBA Asia Cup 2021 terlebih dahulu. Sebagai bentuk persiapan, tim nasional basket Indonesia ikut berpartisipasi pada Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax 2020 dengan nama Indonesia Patriots.

“Menurut saya hampir sama saja, prestasi pembinaan dalam kejuaraan dunia basket tentunya harus juga jadi pencapaian yang harus diusahakan. Tapi juga persiapan manajemen, teknis juga penting vital. Dengan bimbingan semua pihak termasuk pak Menpora (Zainudin Amali) juga luar biasa dukungannya saya yakin kita bisa sukses,” lanjut Ara.