Mampukah Nuke Menggantikan Azzaryan?


May 23, 2021

Pertanyaan tersebut pasti muncul di benak IBL Fans, ketika Nuke Tri Saputra diumumkan kembali bermain bersama tim KAI Bima Perkasa di Playoffs IBL Pertamax 2021. Sebab, Nuke sendiri belum sempat tampil di regular season, dan sempat menyatakan mundur dari tim tersebut. Kalaupun dia di plot menggantikan posisi Azzaryan Pradhitya, mampukah Nuke memberi dampak sebesar itu di tim nantinya.

Nuke memang tidak ikut dalam gelaran regular season IBL Pertamax 2021. Kabarnya, dia sudah mengundurkan diri dari tim. Tapi liga tidak menerima pencabutan namanya dari roster Bima Perkasa musim ini. Karenanya Nuke masih sah tercatat sebagai pemain Bima Perkasa. Sehingga tidak sulit ketika mereka membawa Nuke k IBL Castle sekarang. 

Kalau melihat performa antara kedua pemain, Nuke dan Azzaryan sama-sama punya kontribusi besar. Sebagai point guard utama musim lalu, Nuke bisa mencetak rata-rata 9,7 PPG, 2,7 RPG, dan 1,7 APG. Kemudian di saat-saat terakhir, ketika liga akan bergulir, justru Nuke mengundurkan diri. Tetapi sebagai pemain KAI Bima Perkasa, Nuke sempat merasakan digembleng oleh pelatih David Singleton pada persiapan liga musim ini.

Sementara itu, ketika Nuke absen, justru memberi peluang kepada Azzaryan untuk menunjukkan kelasnya. Dia menjawab kepercayaan pelatih dengan sangat baik. Dari 5,62 PPG untuk musim lalu, Azzaryan bisa mencetak 14,8 PPG, 4,2 RPG, dan 3,9 APG musim ini. Dia malah masuk nominasi Most Valuable Player IBL Pertamax 2021. Tetapi di akhir musim, Azzaryan tertimpa musibah. Tangannya cedera yang membuat dia diragukan tampil untuk membela Bima Perkasa di Playoffs. 

Dari perbandingan statistik kedua pemain, rasanya Nuke bakal mampu tampil sebaik Azzaryan. Soal pengalaman Playoffs, dia juga sudah beberapa kali masuk ke fase tersebut saat bermain di Pacific Caesar Surabaya. Jadi tidak perlu diragukan lagi. Skema permainan pun tidak banyak berubah. Sehingga Nuke bisa lebih cepat beradaptasi. 

Kendalanya mungkin hanya soal lawan saja. Nuke baru pertama kali bertemu dengan Louvre Dewa United Surabaya musim ini. Tapi bukan perkasa sulit untuk beradaptasi di pertandingan. 

Saksikan Playoffs IBL Pertamax 2021 di saluran-saluran resmi IBL, yang dimulai 23 Mei 2021. (*)