M. Sandy Ibrahim Aziz Makin Matang


Apr 19, 2022

Kekuatan Timnas 3x3 Indonesia semakin meyakinkan. Tampil di ABL 3x3 Internasional Champions Cup 2022, mereka keluar sebagai juaranya. Timnas A ini berisi pemain-pemain yang luar biasa di liga. Salah satunya M. Sandy Ibrahim Aziz dari tim Satria Muda Pertamina Jakarta. Sandy yang kini masuk starting five SM, punya performa yang bagus di liga. 

Sandy, Oki Wira Sanjaya, dan Surliyadin, adalah tiga dari empat pemain timnas 3x3 Indonesia yang meraih medali perak di SEA Games 2019. Kali ini mereka tampaknya bakal kembali menjadi tumpuan Indonesia di SEA Games Hanoi. Dari nama-nama tersebut, Sandy memang sangat layak masuk timnas 3x3. Ini dilihat dari catatannya saat tampil di IBL bersama SM, terutama dalam dua musim terakhir. 

Sandy merupakan sosok shooter yang cukup disegani saat ini. Kontribusinya di SM juga luar biasa, kalau dilihat dari catatan statistiknya. Pada IBL 2021, Sandy sudah masuk starter. Dalam 21 game, Sandy mencetak 8,2 PPG, 4,8 RPG, dan 1,0 APG. Beranjak ke IBL Tokopedia 2022, Sandy tetap stabil dengan catatan rata-rata 8,3 PPG dan 3,4 APG. 

Sandy menjadi satu-satunya pemain SM yang melepaskan lebih dari 100 three point selama musim reguler 2022. Dari jumlah tersebut, dia memasukkan 30% tembakan three point. Sandy menjadi pencetak poin terbanyak keempat di tim SM pada reguler season, di bawah Elijah Foster, Brachon Griffin, dan Arki Dikania Wisnu. 

Konsistensi Sandy dan juga pengalamannya di SEA Games 2019, tentu menjadi pertimbangan yang masuk akal kalau dirinya bakal masuk roster timnas 3x3 Indonesia untuk SEA Games 2022 di Hanoi. Kalau memang performa Sandy bisa ditingkatkan, maka 3x3 Indonesia pantas menargetkan medali emas di SEA Games nanti. (*)