News Event

Lolos Playoffs, Tonggak Sejarah Bagi Bumi Borneo

24 June 2023
|

Bumi Borneo Basketball Pontianak tidak perlu menunggu lama untuk bisa masuk delapan besar di liga. Mereka akhirnya lolos ke playoffs di musim keduanya berlaga di IBL. Pada musim 2023 ini, Bumi Borneo mengakhiri regular season dengan rekor 15-15 dan menempati urutan kedelapan di klasemen akhir IBL Tokopedia 2023.

Sekadar mengingatkan bahwa pada musim debutnya, Borneo sebenarnya hampir masuk playoffs. Mereka hanya terpaut satu kemenangan saja dengan RANS PIK Basketball. Tim asuhan Tondi Raja Syailendra tersebut mengumpulkan 10 kemenangan dari 22 pertandingan di musim 2022. 

Belajar dari kesalahan di musim pertamanya, Bumi Borneo berbenah. Bukan pada roster, melainkan mencoba untuk lebih baik dalam permainan. Strategi offense dan defense yang efektif, serta menambah jam terbang para pemain muda. Kebetulan salah satu kekurangan Bumi Borneo adalah big man, dan musim ini sudah terjawab dengan kehadiran Cameron Ridley. 

Prestasi Bumi Borneo tidak lepas dari peran seorang Randy Bell. Dia pendulang poin utama, yang selalu jadi opsi serangan tim. Tapi perlu diingat bahwa perkembangan pemain lokal Bumi Borneo semakin baik. Mereka tampak lebih padu, karena sudah dua musim bermain bersama. 

"Goal kami memang tidak sekadar playoffs. Tapi kami ingin terus berkembang dari waktu ke waktu. Bisa jadi, ke depan kami akan menargetkan gelar juara," kata Wisnu Budidharma. 

Dikutip dari pernyataan asisten pelatih Rimbun Sidahuruk, sebenarnya Bumi Borneo mengincar finis di peringkat kelima pada IBL Tokopedia 2023. Ini dianggap target yang realistis, melihat persaingan yang semakin ketat. Pada akhirnya target tersebut belum bisa diwujudkan, namun tidak melenceng terlalu jauh.

"Dari awal target kami finis peringkat kelima. Tetapi setelah di seri-seri terakhir, kami berpikir bahwa peringkat ketujuh akan jadi yang paling realistis," katanya. 

Karena finis di peringkat ketujuh, Bumi Borneo akan berhadapan dengan tim peringkat kedua di playoffs. Mereka tidak boleh melakukan kesalahan, jika ingin lolos dari delapan besar. Tentunya persiapan sudah dilakukan dengan matang, termasuk memanfaatkan dua laga terakhir di seri Jakarta untuk uji coba strategi. 

"Yang pasti, ini sejarah buat kami. Sejarah bagi Bumi Borneo. Dan, setelah playoffs bisa kami dapatkan, nantiny akan ada step selanjutnya dari tim ini," pungkas Rimbun. (*)

Baca Juga: Bumi Borneo Telat Panas di Musim Perdana

0 Comments