Lima Gelar Juara Arki Dikania Wisnu Menyamai Prestasi Kobe Bryant


Aug 31, 2022

Sebagai salah satu pemain senior yang masih aktif di IBL, mungkin Arki Dikania Wisnu adalah pemain dengan gelar juara terbanyak. Setelah menjuarai IBL Tokopedia 2022, maka total Arki sudah menjuarai liga basket profesional Indonesia sebanyak lima kali. Percapaian tersebut menyamai salah satu idolanya, yakni Kobe Bryant. 

Arki mendedikasikan kemenangan kali ini untuk Kobe. Pada Game 2 Final IBL Tokopedia 2022, Arki memakai sepatu Nike Kobe 5 Protro "5 Rings". Ini adalah signature shoes Kobe yang berwarna biru dan kuning, yang juga warna khas Satria Muda, serta dipadukan dengan art yang menjelaskan bahwa Kobe memiliki lima gelar juara. 

Arki memulai kiprahnya di basket Indonesia sejak tahun 2011. Dia tidak pernah pindah klub, secara profesional, kecuali ketika masuk Indonesia Patriots di IBL 2020. Karena waktu itu, dia diwajibkan masuk program timnas Indonesia yang bermain di IBL, untuk persiapan menuju event Internasional. Tapi secara status pemain, dia masih milik Satria Muda Pertamina Jakarta. 

Sejak kemunculan pemain yang lahir di New York tersebut, dia langsung mencuri perhatian publik basket Indonesia. Arki langsung mendapatkan gelar pertamanya, lengkap dengan penghargaan Rookie of the Year di tahun 2012. Kemudian gelar juara kedua didapatkan pada tahun 2015. Memasuki era IBL Indonesia, Arki justru tampil semakin bagus. Dia terpilih sebagai MVP IBL 2017, kemudian meraih gelar juara di musim 2018, 2021, dan terakhir 2022. 

SM Fanatics sebagai pendukung militan klub menganggap Arki bukan sekedar bintang klub, melainkan sosok ikon penting dalam tim ini. Bahkan ketika SM bermain di liga internasional seperti di ASEAN Basketball League, yang juga meraih gelar juara di tahun 2012. Sosok Arki menjadi semakin dihormati dan disegani kawan maupun lawan. 

Sebagai kapten tim, Arki dianggap sebagai orang yang mampu mengembalikan masa kejayaan SM. Artinya, setelah back-to-back Champions dan trofi ke-12 di liga. Mereka ingin meraih gelar juara musim depan untuk mendapatkan three-peat. (*)