Kriteria Nominasi Penilaian Penghargaan Pemain


Sep 22, 2020

 

Statistik memang menjadi unsur penting dalam penilaian pemilihan pemain terbaik di semua kategori dalam IBL Pertamax 2020. IBL merilis daftar tiga nominee masing-masing kategori, serta empat kandidat Most Valuable Player juga berdasarkan statistik yang dicapai para pemain selama babak reguler Kompetisi IBL Pertamax 2020.

“Komponen statistik seperti Points Per Game, Assist Per Game,Rebound Per Game dan kompenen lainnya merupakan hasil kontribusi yang diberikan pemain kepada tim dikurangi dengan beban yang dibuat selama bertanding,” kata Senior Manager Kompetisi IBL, Rufiana.

Hasil dari perhitungan semua komponen tersebut menghasilkan nilai efisiensi masing-masing pemain. “Daftar kandidat terbaik masing-masing kategori diurutkan berdasarkan perolehan Effisiensi dari masing-masing pemain,” jelas Rufi. Dari perhitungan tersebut diperoleh tiga pemain terbaik masing-masing kategori, serta empat kandidat terbaik untuk Most Valuable Player.

Seluruh penilaian dilakukan selama seri reguler untuk seluruh tim dan pemain yang bertanding. "Semua memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing termasuk pemain pemain Indonesia Patriots," papar Rufi. 

Namun, penilaian terbaik tidak mutlak ditentukan oleh statistik para nominee di lapangan. Ada variabel lain yang bisa menjadi kriteria lain pemilihan pemain terbaik tersebut.

"Selain dari performa yang berdasarkan statistik pertandingan. Ada hal-hal lain di luar game performance yang menjadi kriteria penilaian", kata Rufiana lagi .

Karakter dan sikap pemain menjadi unsur penilaian yang cukup penting. "Bagaimana peran pemain membawa pengaruh bagi tim dan sikap mereka di lapangan juga akan menjadi kriteria penilaian," tuturnya.

Sikap pemain di lapangan dan di luar lapangan juga jadi perhatian. "Misalnya, bagaimana mereka berkomunikasi dengan wasit serta sikap dan respek terhadap lawan," jelasnya.

Di luar lapangan, sikap mereka kepada penonton dan penggemar serta publik bola basket pada umumnya juga menjadi unsur penilaian yang cukup menentukan.

"Kami yakin rekan-rekan media akan memilih pemain yang jago di lapangan dan memiliki sikap baik di luar lapangan," pungkas Rufi.