News Event

Kategori dan Kriteria Penghargaan Individu IBL Tokopedia 2024

30 June 2024
|

Musim reguler IBL Tokopedia 2024 tinggal satu pekan lagi. Ini artinya, liga akan segera menghitung dan mengumumkan nama-nama pemain dan pelatih yang masuk nominasi penghargaan individu. Ada beberapa kategori penghargaan, dan kriteria yang sudah disiapkan liga. 

Kategori untuk pemain tahun ini ada IBL League MVP, IBL Local MVP, IBL Rookie of The Year, IBL Defensive Player of The Year, IBL Most Improve Player, IBL Sixthman of The Year IBL. Kemudian di luar pemain ada Coach of The Year dan Referee of The Year. 

Kriteria penilaian juga berbeda untuk setiap kategori. Untuk IBL League MVP, yang berhak masuk penilaian adalah semua pemain IBL, baik lokal, asing,  naturalisasi dan heritage. Mereka akan dinilai dari rataan statistik (PPG, APG, RPG) dan efisiensi. Nominasi untuk kategori ini akan diisi oleh lima pemain. 

Kemudian untuk IBL Local MVP merupakan apresiasi dan motivasi untuk pemain lokal terbaik di musim ini. Untuk kriteria penilaiannya juga sama yaitu statistik yaitu PPG, APG, dan RPG, serta efisiensi. Untuk kategori ini juga akan diisi lima pemain sebagai nominasinya. 

Kemudian juga masuk dalam penilaian attitude dimana sikap dan perilaku pemain di dalam permainan terkait pertandingan, peraturan, perilaku dengan seluruh pihak yang terlibat seperti tim (termasuk lawan, perangkat pertandingan dan fans) selama musim regular berlangsung. Diantaranya tersebut tidak memperoleh/minim hukuman berat seperti disqualifying foul dan atau ejected akibat perilaku yang berlebihan/dinilai negatif di lapangan. 

IBL Rookie of The Year merupakan penghargaan diberikan kepada pemain debutan terbaik yang masuk roster musim ini. Mereka akan dinilai dari statistik (PPG, APG, RPG, dan MPG) serta efisiensi. Kategori ini memasukkan lima nama untuk nominasinya. 

IBL Defensive Player of The Year akan diberikan kepada pemain defensif terbaik di musim reguler. Kategori ini untuk pemain lokal yang akan masuk nominasi. Selain statistik yang berkaitan dengan pertahanan seperti DRPG, SPG, dan BPG, ada juga team Net Rating yang akan dinilai. Liga akan memilih lima nama yang masuk nominasi penghargaan tersebut. 

Lalu ada Most Improve Player dengan definisi pemain terbaik berdasarkan peningkatan statistik dari musim sebelumnya dengan musim yang berjalan. Sama dengan IBL DPOY, untuk IBL MIP, kategori ini memasukkan nama pemain lokal saja. Penilaiannya juga termasuk membandingkan data-data statistik (PPG, MPG, APG, RPG dan Efisiensi) antara musim sebelumnya dan musim yang sedang berjalan. Lima nama akan dipilih sebagai nominasi penghargaan tersebut. 

IBL Sixthman of The Year akan diberikan kepada pemain terbaik berdasarkan penghitungan statistik yang bermain dari bangku cadangan. Kategori ini juga hanya akan memilih pemain lokal dengab penilaiannya berdasarkan statisik pemain (PPG, MPG, APG, RPG, +/-, dan Efisiensi) dari bangku cadangan. Ada juga kriteria yang merujuk pada menit bermain paling tinggi dalam satu tim di luar lima pemain utama. Nominasinya ada lima pemain untuk kategori tersebut. 

Kemudian untuk Coach of The Year, akan dipilih dari semua pelatih liga. Pertimbangan penilaian mulai dari Net Rating tim harus positif, kemudian jumlah pertandingan, konsistensi tim selama satu musim, bagaimana pelatih membawa tim lebih baik dalam satu musim, hingga peningkatan performa tim. Penilaian juga akan memasukkan winning precentage tim yang dipimpin pelatih tersebut. IBL akan menetapkan tiga nama sebagai nominasi dalam kategori penghargaan ini. 

Sementara satu lagi penghargaan akan diberikan kepada Referee of The Year. Ada lima kandidat yang akan dinilai berdasarkan performa memimpin pertandingan selama musim reguler. Penilaian ini juga dilakukan oleh assessor pertandingan bersama pihak Perbasi dan IBL. 

Setelah IBL menetapkan semua nominasinya, maka akan ada proses selanjutnya, yaitu voting. Voting dilakukan oleh seseorang maupu kelompok yang memiliki latar belakang, keahlian, dan pengetahuan ket serta mengikuti perjalanan kompetisi IBL 2024. Mekanisme penilaian berbeda-beda untuk pemain, pelatih, dan wasit. Untuk pemain voting akan dilakukan oleh head coach dan media. Voting untuk pelatih dilakukan oleh Media. Voters untuk penghargaan individu IBL Tokopedia 2024 adalah 14 pelatih kepala dari masing-masing kontestan liga, ditambah dengan 10 orang dari perwakilan media atau analis bolabasket.

Tahapan dari proses ini sendiri akan dimulai pada 9 Juli, yaitu distribusi penilaian nominasi kepada publik dan voters, serta pengumuman kandidat atau nominasi dari masing-masing kategori penghargaan individu. Voters akan diberi waktu selama satu hari untuk menentukan pilihannya. Lalu pengumuman nama akan dilakukan pada 11 Juli mendatang, atau bertepatan pada saat hari pertama pertandingan IBL Playoffs 2024.

Baca Juga: IBL Awards 2020 Apresiasi Buat yang Terbaik dari yang Terbaik

0 Comments