Kembali ke IBL, Ke Mana Emilio Parks akan Berlabuh?


Jan 22, 2020

Bursa pergantian pemain asing Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax 2020 semakin panas jelang bergulirnya seri ketiga di Mahaka Square, Kelapa Gading, 31 Januari-2 Februari. Mantan penggawa Bima Perkasa Jogja, Emilio Parks, disebut-sebut bakal kembali ke liga basket tertinggi Tanah Air.

Namun, hingga saat ini, belum ada klub IBL yang mengklaim telah mendapatkan jasa Emilio. Baru Pacific Caesar Surabaya yang memakai jatah pergantian pemain asing untuk mendatangkan Anton Waters yang menggantikan Decorey Jones.

Adapun Amartha HangTuah menjadi satu-satunya klub yang menyatakan bakal mengganti pemain asingnya. Akan tetapi, belum diketahui siapa yang akan datang dan pergi dari klub asuhan Harry Prayogo terrsebut.

Semasa berseragam Bima Perkasa Jogja, Emilio merupakan satu di antara pemain asing yang mampu mengangkat performa tim. Meski sempat akan diganti, Emilio membuktikan diri layak bermain di IBL Pertamax.

Emilio bermain untuk Bima Perkasa Jogja pada IBL 2017/2018. Selepas seri pertama, klub asuhan Raoul Miguel Hadinoto itu sempat ingin mengganti Emilio.

Calon pengganti, Joel Clarke, juga telah didatangkan. Namun, pebasket bertinggi 208 cm itu ternyata tidak lebih baik dari Emilio saat latihan.

Sementara Emilio, selepas seri kedua IBL 2017/2018 menunjukkan performa cemerlang. Ia mencatatkan namanya di top three field goals, rebounds, dan blocks. Kala itu, Emilio berada di bawah Dior lowhorn (Satria Muda Pertamina Jakarta) dan Kevin Kardell untuk kategori field goals. Sementara di kategori rebounds, Emilio membukukan 12,75 persen.