Kandidat ROTY - Yudha Saputera (Prawira Bandung)


Aug 03, 2022

Yudha Saputera bermain untuk Prawira Bandung di IBL Tokopedia 2022, yang menjadi musim pertamanya. Sebagai rookie, Yudha sudah punya cukup bekal pengalaman. Karena musim lalu dia membela tim Indonesia Patriots yang tampil di IBL juga. Meski berstatus pemain baru, peran Yudha di Prawira musim ini cukup besar. 

Kalau tidak membandingkan dengan musim lalu, maka Yudha sudah bisa dibilang rookie yang luar biasa. Dalam 22 pertandingan di musim reguler, Yudha sudah menghasilkan 10,0 ppg, 3,6 rpg, dan 4,5 apg. Yang mengesankan dari Yudha adalah tembakan tiga angka yang mencapai 30,8 %. Yudha melepaskan 130 tembakan three point dan masuk 40 tembakan. 

Meski berstatus pemain rookie, Yudha sudah bisa menggeser beberapa point guard senior seperti Arif Hidayat. Tapi memang itu yang sekarang dibutuhkan oleh Prawira. Karena tipe pemain seperti Yudha sangat disukai oleh head coach David Singleton. Karena Yudha bisa menyerang dengan cepat, serta bertahan dengan agresif. 

Yudha cukup beruntung karena perannya di Prawira membawanya bisa tampil di panggung SEA Games, FIBA World Cup 2023 Qualifiers, hingga FIBA Asia Cup 2022. Pengalaman tersebut membuat Yudha semakin matang. Sehingga dia layak masuk sebagai kandidat Rookie of The Year IBL Tokopedia 2022. (*)