News Event

Kandidat Most Valuable Player IBL Tokopedia 2023

29 June 2023
|

Penghargaan individu paling bergensi dari liga bola basket adalah Most Valuable Player. Ini adalah pemain terbaik dari musim reguler, yang akan dipilih oleh para voters. Seperti biasanya, ada lima kandidat peraih MVP liga musim ini. Lima pemain tersebut adalah Kaleb Ramot Gemilang, Yudha Saputera, Muhammad Arighi Hardan Noor, Andakara Prastawa Dhyaksa dan Widyanta Putra Teja. 

Kaleb Ramot Gemilang pernah menjadi MVP liga di musim 2018-19, kala bermain di Stapac Jakarta. Kali ini dia tampil bersama Dewa United Banten, dan sukses membawa tim ini ke Playoffs IBL 2023. Kaleb bermain sebanyak 26 pertandingan, karena dia sempat absen satu seri, yakni di Malang. Namun keberadaan Kaleb sangat penting di Dewa United. Musim ini dia mengoleksi 18,5 ppg, 6,3 rpg, dan 1,8 apg. Dengan rata-rata tampil selama 31,7 menit per game. 

Yudha Saputera juga berperang penting dalam tim Prawira Harum Bandung. Di musim keduanya bersama Prawira, Yudha sukses mencetak 13,3 ppg, 4,5 rpg, 4,6 apg, dan 1,5 spg. Faktanya rata-rata statistik Yudha ini merupakan catatan terbaiknya dalam tiga musim terakhir di liga. Seperti yang kita tahu bahwa Yudha sebelum bermain untuk Prawira, pernah menjadi bagian dari tim Indonesia Patriots di musim 2021. Yudha sendiri tidak pernah absen, alias bermain 30 pertandingan di musim 2023. 

Rekan Yudha di Patriots, juga masuk kandidat MVP tahun ini. Dia adalah Muhammad Arighi Hadran Noor, yang kini bermain di Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Arighi sukses mengoleksi 11,5 ppg, 3,6 rpg, 2,2 apg, dan 1,2 spg. Arighi tidak hanya memberikan kontribusi besar bagi Pelita Jaya, namun sudah masuk menjadi bagian tim inti, yang tidak bisa dipisahkan dari strategi permainan tim. 

Arighi mendapatkan saingan terberat, yakni Andakara Prastawa Dhyaksa. Seniornya di Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Prastawa mampu mencetak 15,8 ppg, 3,4 rpg, 4,3 apg, dan 2,7 spg. Meski demikian, Prastawa sempat absen delapan pertandingan setelah membela timnas Indonesia di SEA Games Kamboja. Namun hal tersebut tidak membuat ketergantungan Pelita Jaya akan Prastawa turun. Mereka tetap membutuhkan Prastawa di laga-laga penting. 

Satu lagi kandidat MVP liga musim ini jatuh kepada Widyanta Putra Teja dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Kalau melihat kontribusi poin, jelas Widi mengalami penurunan dari 11,2 ppg di West Bandits tahun lalu, menjadi 9,9 ppg di Satria Muda musim ini. Namun secara permainan Widi menjadi sosok penting, yang langsung mendapat tempat di skuad utama tim ini. Widi bermain 30 pertandingan dengan mencatatkan 3,5 rpg, 3,5 apg, dan 1 spg. Widi bermain lebih efisien, karena dengan hanya 21,6 menit per game, dia sudah bisa mencapai rataan statistik sebesar itu. 

Seluruh penghargaan individu di IBL Tokopedia 2023 akan dipilih oleh voters yang berisi head coach dan media. Pemenangnya akan diumumkan pada 30 Juni 2023. (*)

Baca Juga: Louvre Dewa United Borong Tiga Penghargaan IBL Pertamax Award 2021

0 Comments