Kandidat DPOY - M. Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina Jakarta)


Aug 04, 2022

Satria Muda Pertamina Jakarta memang tak pernah sepi dengan pemain-pemain berkualitas. Kali ini M. Sandy Ibrahim Aziz menjadi kandidat Defensive Player of the Year. Sandy berperan penting dalam pertahanan, khususnya menjaga area luar busur. Sehingga lawan sulit melakukan tembakan jarak jauh. 

Sandy sendiri dikenal sebagai salah satu shooter terbaik di liga. Sepanjang musim reguler IBL Tokopedia 2022, dia mencetak 31 three point dari 103 attempt. Sandy mencetak 8,3 ppg, dan menjadi pencetak angka terbanyak keempat di tim Satria Muda. Dia juga melengkapinya dengan mencetak 3,4 rebound dan 1,1 steal. 

Dalam konteks ini, Sandy memang terbilang paling rendah dalam urusan defensive rebound, dengan catatan 2,6 defensive rebound per game. Tetapi kalau dilihat dari keseleruhan tim Satria Muda, kehadiran Sandy dinilai sangat penting. SM merupakan tim yang paling sedikit kena tembakan three point. Persentasenya hanya 21% saja. Ini berarti area luar busur SM tidak mudah ditembus. Sandy berperan dalam defense di area tersebut. 

Secara keseluruhan, catatan statistik SM adalah yang terbaik. Mereka mencetak 73,7 ppg dalam satu musim. Kemudian merebut 41,9 rebound per game. Dua statistik tersebut menduduki peringkat pertama di liga. SM tentu mengincar back-to-back champions di musim ini. Karenanya Sandy harus meningkatkan performa sebagai pemain bertahan, agar bisa membantu mewujudkan target SM. (*)