Kandidat COTY - Fictor G. Roring (Pelita Jaya Bakrie Jakarta)


Aug 08, 2022

Pemilik nama lengkap Fictor Gideon Roring tersebut kembali turun gunung di IBL Tokopedia 2022, setelah rentetan kegagalan yang dialami Pelita Jaya Bakrie Jakarta untuk meraih gelar juara. Kali ini Pelita Jaya menjadi tim terkuat di musim reguler. Sementara pelatih yang akrab disapa Coach Ito ini masuk kandidat Coach of the Year. 

Pelita Jaya di musim 2022 hanya kalah 2 kali dari 22 game. Net Rating mencapai 14,3 dengan winning precentage sebesar 90%. Ito punya semuanya untuk merebut gelar juara musim ini. Mulai dari pemain lokal berkualitas, hingga pemain asing yang punya kontribusi maksimal seperti Dior Lowhorn. Dengan begitu, Pelita Jaya optimistis akan mampu mengakhiri paceklik gelar tahun ini. 

Kalau soal pengalaman, tidak perlu diragukan lagi. Setelah pensiun bermain, Ito langsung menjadi pelatih. Diawali dari tingkat sekolah dan kampus. Kemudian menangani klub Satria Muda sejak 2004 hingga tahun 2011. Bersama klub tersebut, Ito mengumpulkan 6 gelar juara liga. Sementara sejak pindah ke Pelita Jaya tahun 2017, dia juga sudah pernah juara pada tahun yang sama dengan tugas sebagai advisor. 

Ito sendiri pernah menangani Pelita Jaya di musim 2018-19. Tetapi perjalanan mereka terhenti di Playoffs putaran pertama setelah kalah dari Pacific Caesar Surabaya. Namun pada musim 2022, dia kembali menjabat sebagai head coach, dan berhasil masuk sebagai kandidat COTY. (*)