Kandidat COTY - Youbel Sondakh (Satria Muda Pertamina Jakarta)


Aug 08, 2022

Youbel Sondakh kembali menangani tim Satria Muda Pertamina Jakarta di IBL Tokopedia 2022, setelah menyelesaikan tugasnya bersama timnas Indonesia. Dia berhasil membawa SM kembali tetap ada di papan atas klasemen liga. Sehingga Youbel terpilih sebagai kandidat Coach of the Year tahun ini. 

Youbel pernah meraih gelar COTY pada musim 2017. Saat itu SM tampil luar biasa di musim reguler dengan hanya mengalami satu kekalahan dari 14 game. Sayangnya di final, mereka gagal merebut gelar juara. Karena kalah 1-2 dari Pelita Jaya. Setelah itu, Youbel masih menangani SM hingga satu musim berikutnya sebelum ditunjuk sebagai asisten pelatih timnas Indonesia. 

Pada IBL Tokopedia 2022 SM memetik 19 kemenangan dari 22 game. Hampir tidak ada perbedaan ketika SM ditangani head coach Milos Pejic, karena mereka tetap tampil bagus dalam offense dan defense. Nett Rating SM mencapai 24,5 dengan winning precentage sebesar 86%. 

SM menjadi tim peringkat pertama untuk point, rebound, dan assist. Untuk point, SM dalam semusim bisa mencetak rata-rata 73,7 ppg. Sedangkan di rebound mereka berhasil mengumpulkan 41,9 rpg. Lalu di bagian assist mereka bisa mengirimkan rata-rata 19,0 apg. Ini menunjukkan bagaimana tangan dingin Youbel, yang juga dianggap sebagai legenda SM. 

Kalau Youbel mendapatkan gelar COTY tahun ini, maka dia menjadi pelatih terbaik dua kali sejak IBL 2016 hingga sekarang. SM tengah mengejar rekor sebagai tim profesional aktif dengan gelar terbanyak di Indonesia. (*)