Kandidat Best Foreign Player - Tyree Jamal Robinson (Satya Wacana Salatiga)


Aug 06, 2022

Dari semua kandidat Best Foreign Player IBL Tokopedia 2022, hanya dua pemain yang mencetak average point di atas 20. Mereka adalah Shavar Newkirk dari NSH Mountain Gold Timika, dan satu lagi adalah Tyree Jamal Robinson dari tim Satya Wacana Salatiga. Sejak kedatangannya, penampilan Robinson cukup meyakinkan. 

Robinson tampil dalam 19 laga dari total 22 pertandingan musim reguler Satya Wacana. Dia mencetak rata-rata 21,4 ppg, 9,5 rpg, dan 1,2 apg. Bedanya dengan Newkirk, Robinson beroperasi di paint area. Sehingga tidak punya catatan assist yang banyak. Namun secara kontribusi, keduanya berperan penting untuk tim masing-masing. Meski di akhir musim reguler, Satya Wacana tak lolos Playoffs, karena hanya menang 5 kali dari 22 game. 

Forward setinggi 1,96 cm tersebut tidak punya catatan di kompetisi profesional sebelumnya. Jadi IBL Tokopedia 2022, merupakan catatan profesional pertama Robinson. Prestasi yang luar biasa karena dia berhasil menembus kandidat penghargaan individu. 

Kalau ditarik ke belakang, Robinson pernah bermain untuk tiga kampus yang berbeda di NCAA. Pertama Odessa Texas, kemudian Youngstown State, dan terakhir Texas A&M Commerce di Divisi II. Catatan statistiknya juga menarik. Bermain di Divisi I, Robinson mencetak 7,5 ppg dan 3,5 rpg. Sementara di Divisi II, dia mampu mendulang 13,9 ppg dan 5,6 rpg. (*)