Peta Kekuatan Final IBL Esports Competition: Abraham Wenas Vs Gunawan


May 15, 2020

Benar-benar sengit dan benar-benar seru. Itulah yang tergambar dari laga semifinal dalam dua hari terakhir. Hasilnya pun membuat terkejut. Kedua finalis sama-sama dari Amartha Hangtuah, yakni Abraham Wenas dan Gunawan. Ini berarti Hangtuah akan menjuarai IBL Esports Competition di dua periode.

Abraham lolos ke final setelah menundukkan Cassiopeia Manuputty (Satya Wacana Salatiga) dengan skor 2-1. Abraham menang saat memakai LA Lakers dan Philadelphia 76ers. Sedangkan LA Clippers miliknya kalah. Sedangkan Gunawan bisa lolos final setelah melewati hadangan Adhi Pratama (Pelita Jaya Bakrie). Gunawan bisa menaklukkan Adhi dengan senjata LA Lakers dan Brooklyn Nets. Sementara saat menjalankan LA Clippers, Gunawan kalah dari Adhi.

Dari hasil semifinal ini, kita bisa melihat dan memperkirakan kekuatan kedua finalis tersebut. Ternyata keduanya punya kesamaan, yaitu lihai memainkan Lakers, tapi gagal saat menjalankan Clippers. Faktanya, dari kedua peserta ini, dua tim yang didaftarkan sama, yaitu Lakers dan Clippers. Sementara bedanya hanya satu tim saja. Abraham dengan Sixers-nya, dan Gunawan punya Nets. 

Fakta lainnya, karena mereka sama-sama tinggal di mess Hangtuah, maka keduanya sudah sering bertanding. Inilah yang menjadi menarik. Sepertinya, pertandingan ini memang harus diselesaikan lewat tiga laga. Karena sengitnya persaingan.

Untuk LA Lakers dan Clippers mungkin sudah sering dibahas. Tetapi kali ini akan menyoroti kekuatan ketiga dari dua finalis tersebut. 

Walaupun menjadi tim yang kurang terkenal, nyatanya Philadelphia 76ers menduduki peringkat keenam di NBA2K20, dan bisa dimainkan dengan baik oleh Abraham Wenas. Kekuatan starting five-nya juga merata. Mereka punya Joel Embiid, Ben Simmons, Al Horford, Tobias Harris, dan Josh Richardson. Mereka bisa sangat berbahaya dengan kekompakan timnya.

Sebaliknya, Gunawan akan menjalankan Brooklyn Nets sebagai kekuatan ketiga. Nets dihuni banyak pemain dengan tipe menyerang seperti Kevin Durant, Kyrie Irving, dan Spencer Dinwiddie. Mereka juga punya paint protector yang baik yaitu DeAndre Jordan. Transisi menyerang dan bertahan Nets akan sangat baik. Tergantung orang yang menjalankannya. 

Menurut team ratings NBA2K20, Sixers dan Nets sama-sama punya skor 77,4. Jadi harapannya, mereka akan bertemu di laga penentuan. 

Saksikan final IBL Esports Competition 2020 periode kedua di channel YouTube IBLTV dan FIBA. (*)