News Tim Nasional

Kalah dari Saudi Arabia, Peluang Indonesia Makin Berat

15 August 2023
|

Tim Nasional Bola Basket Putra Indonesia kembali menelan kekalahan di ajang FIBA Olympic Pre-Qualifying Tournament 2023, yang berlangsung di Suriah. Pada hari Senin (15/8) waktu setempat, Indonesia menyerah dengan skor 72-86 dari Saudi Arabia. Dengan hasil ini, maka peluang Indonesia lolos ke Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, semakin berat. 

Dari klasemen sementara, Bahrain menduduki peringkat pertama dengan rekor 3-0. Sementara India ada di peringkat kedua dengan rekor 2-1. Saudi Arabia, Indonesia, Suriah, dan Kazakstan sama-sama mengoleksi satu kemenangan dari tiga pertandingan. Kalau dilihat dari komposisi klasemen tersebut, dan mengacu pada syarat kompetisi, maka Bahrain yang berhak untuk melaju ke Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Sementara peluang Indonesia semakin berat, karena hanya berada di peringkat keempat.

"Kekalahan yang kami alami melawan Saudi Arabia, merupakan kekalahan yang menyakitkan. Karena semakin menipiskan kami untuk ke babak Kualifikasi Olimpiade," kata Manajer Timnas Jeremy Imanuel Santoso. "Target kami memenangkan sisa pertandingan, melawan Bahrain dan Suriah. Kami ingin menutup 

Pra-Kualifikasi ini dengan tren positif."

Dari pertandingan melawan Saudi Arabia, timnas Indonesia benar-benar kewalahan. Yudha Saputera dan kawan-kawan hanya unggul di kuarter pertama saja. Selebihnya, Saudi Arabia yang mendikte jalannya pertandingan. Meski pertandingan sempat ketat dengan 12 kali pergantian keunggulan skor. 

Angka paling mencolok dari kedua tim adalah point in the paint, di mana Saudi Arabia bisa mengoleksi 50 poin dari paint area dengan 18 second chance points. Sedangkan Indonesia hanya menghasilkan 18 points in the paint dengan 11 second chance point. Indonesia tidak bisa mempertahankan ringnya, karena Saudi Arabia bisa membuat 14 offensive rebound sepanjang pertandingan. Catatan yang bagus dari timnas Indonesia hanya dari three point. Mereka memasukkan 11 three point dari 28 percobaan. 

Marques Bolden kali ini mengoleksi 21 poin dengan sembilan rebound. Yudha Saputera memasukkan 20 poin, dengan empat three point dari sembilan attempt. Pemain Prawira Harum Bandung tersebut juga mencetak lima rebound, dan sembilan assist. Kemudian M. Arighi menyumbang 11 poin, dengan tiga three point dari enam attempt. 

Selanjutnya, Indonesia akan istirahat satu hari. Mereka akan bertanding melawan Bahrain pada 16 Agustus 2023, dan terakhir melawan tuan rumah Suriah pada 17 Agustus 2023. Turnamen kali ini menggunakan sistem round-robin, dan juaranya akan mendapatkan tiket ke Kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. (*)

Baca Juga: Kuasai Paint Area, Indonesia Unggul Atas Saudi Arabia di First Half

0 Comments