News Event

Juara IBL 3x3 akan Tampil di FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters

20 September 2023
|

Sebagaimana yang sudah diumumkan bahwa rangkaian IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 menjadi ajang seleksi tim-tim Elite untuk bisa menembus FIBA 3x3 World Tour Masters. Tahun ini mereka akan memperebutkan satu tiket ke Hong Kong Masters, yang akan diselenggarakan pada 25-26 November mendatang. 

FIBA 3x3 World Tour Masters merupakan ajang 3x3 profesional yang diikuti peserta dari seluruh dunia. Tetapi untuk menjadi salah satu tim yang berlaga di ajang tersebut tidak mudah. FIBA membuat beberapa pintu, seperti Challenger dan Quest. Turnamen-turnamen yang bisa diikuti agar bisa tampil di ajang tersebut. 

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 tercatat sebagai turnamen Quest, di FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters. Jadi sudah dipastikan bahwa salah satu dari tim-tim 3x3 IBL ini akan mewakili Indonesia di ajang tersebut. Tetapi sebelum itu, mereka harus melewati fase yang berat. 

Para peserta yang terdiri dari 15 tim IBL akan bertanding di empat seri penyisihan. Pertama di Tangerang, yang sudah diselenggarakan pada 16-17 September lalu. Kemudian seri kedua akan berlangsung di Jakarta, pada 23-24 September. Lalu bergeser ke Bandung, 30 September - 1 Oktober, dan seri penyisihan terakhir ada di Yogyakarta, pada 7-8 Oktober mendatang. Setelah empat seri tersebut, akan dipilih delapan besar yang masuk ke Grand Final. Babak puncak ini akan digelar di Surakarta pada 20-21 Oktober 2023. 

Setelah penyelenggaraan seri pertama di Tangerang, didapati bahwa Amartha Hangtuah Jakarta untuk sementara berada di puncak klasemen. Mereka menang empat kali dari lima pertandingan, sekaligus mengamankan gelar juara di seri pertama. Tim-tim akan terus berlomba sampai di seri keempat, lalu perebutan tiket ke Hong Kong akan dilakukan oleh delapan tim teratas di klasemen. 

Seri kedua dari IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 akan diselenggarakan di Kota Kasablanka, Jakarta. Tidak hanya tim Elite saja yang bertanding, penyelenggara juga membuka untuk kategori Open Men dan Open Women. (*)

Baca Juga: Satria Muda Kembalikan Tradisi Juara IBL 3x3

0 Comments