News Event

Satria Muda Kembalikan Tradisi Juara IBL 3x3

21 October 2023
|

Avan Seputra, M. Sandy Ibrahim Aziz, Ali Bagir Wayarabi Alhadar, dan Antoni Erga mereka adalah empat pemain Satria Muda Pertamina Jakarta yang berhasil mengembalikan tradisi tim untuk menjuarai IBL 3x3. Satria Muda menjadi juara IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023, setelah menundukkan Pelita Jaya di final seri pamungkas dengan skor 18-11, Minggu malam (21/10). Dengan hasil tersebut, mereka akan berangkat ke Hong Kong, untuk mewakili Indonesia di ajang FIBA 3x3 World Tour Masters. 

Kalau kita mundur ke belakang, Satria Muda menjadi juara di IBL 3x3 edisi tahun 2018. Mereka menundukkan Stapac Jakarta di partai puncak. Sebagai hadiahnya Satria Muda berangkat ke FIBA 3x3 World Tour Chengdu Masters 2018. 

Pada edisi tahun 2019, Satria Muda kembali keluar sebagai pemenang. Pada babak final di seri terakhir, Satria Muda mengalahkan Pelita Jaya dengan skor 18-13. Mereka berangkat ke Jeddah, untuk mengikuti salah satu seri Master dari gelaran FIBA 3x3 World Tour 2019. Sekadar informasi bahwa saat itu, Satria Muda juga diperkuat oleh Avan dan Sandy Ibrahim. 

IBL 3x3 sempat vakum dua tahun (2020 dan 2021) karena pandemi. Turnamen ini kembali digelar pada tahun 2022. Tetapi kali ini, Satria Muda kalah dari Bima Perkasa Jogja. Ikram Fadhil dan kawan-kawan menang dramatis dengan skor 17-16 atas Satria Muda. Bima Perkasa berangkat ke FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters di tahun 2022. 

Sementara di tahun 2023, rupanya Dewi Fortuna kembali merapat ke kubu Satria Muda. Avan Seputra dan rekan-rekan berhasil membawa pulang tiket ke Hong Kong, usai mengalahkan Pelita Jaya. Dengan kata lain, mereka berhasil mengembalikan tradisi juara 3x3 yang sudah dibangun Satria Muda. Padahal dalam penyelenggaraan empat seri, Satria Muda hanya sekali menjadi juara, yakni di seri Yogyakarta. Tetapi mereka menutup kejuaraan ini dengan manis. 

"Lega, akhirnya kami bisa bounce-back hasil tahun lalu. Ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata," ungkap Avan Seputra. "Terima kasih kepada SM Fanatics yang mendukung kami di saat kami menang atau kalah. Karena tahun ini benar-benar luar biasa. Kami kalah di tiga seri, lalu pada akhirnya kami bisa juara."

Dikutip dari data fiba3x3.com, sudah ada beberapa tim yang menjadi peserta di FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters 2023. Diantaranya ada Raudondvaris Hoptrans dari Lithuania. Kemudian ada Lausanne Sports LS dari Swiss, Paris dari Prancis, dan Jeddah dari Saudi Arabia. Kejuaraan di Hong Kong akan digelar pada 25-26 November mendatang. (*)

Baca Juga: Coach Tony Terpesona dengan Tradisi Melukat

0 Comments