Juan Laurent Kokodiputra Layak Dipertahankan Satria Muda


Aug 18, 2021

Langkah yang tepat diambil manajemen Satria Muda Pertamina Jakarta dalam membentuk tim untuk mengarungi kompetisi IBL. Manajemen mengikat Juan Laurent Kokodiputra hingga tahun 2023. Juan menjadi tim inti Satria Muda ketika menjadi juara di IBL Pertamax 2021. 

Pemain asal Bandung ini bergabung dengan Satria Muda sejak musim 2016-17. Pada musim debutnya, Juan berhasil menyabet gelar Rookie of The Year IBL 2017, menyingkirkan dua pesaingnya yakni Nuke Tri Saputra dan Cassiopeia Thomas Manuputty. Juan saat itu menorehkan statistik 8,1 PPG, 2,8 RPG dan 0,6 APG. Yang paling mencolok tentu field goals yang mencapai 46%, dan tembakan tiga angka dengan persentase 37%. 

Pada IBL Pertamax 2021, Juan bisa mencetak 10,7 PPG, 5,6 RPG, dan 1,1 APG. Dia sebenarnya layak disebut pemain paling improve sepanjang musim, namun tidak masuk nominasi. Alasannya, kontribusi Juan di Satria Muda meningkat dari 6,1 PPG menjadi 10,7 PPG, dengan waktu bermain yang lebih sedikit yakni 23,7 minute per game. Dengan kata lain, efektifitas permainan Juan naik dibandingkan musim sebelumnya. 

Dalam peringkat pemain, Juan menempati rangking kedua untuk tim Satria Muda. Tepat di bawah kapten tim Arki Dikania Wisnu. Oleh karena itu, dia layak dipertahankan oleh Satria Muda untuk dua musim ke depan.

"Klub hari ini mengumumkan bahwa Juan akan tetap berbaju SM sampai tahun 2023, kami mencapai kata sepakat dan akan meneruskan kerjasama dengan Juan dua tahun kedepan," ujar Rony Gunawan, Wakil Presiden bidang bola basket Satria Muda Pertamina. 

Rony Gunawan menambahkan, sekarang Satria Muda sedang melakukan finalisasi kontrak kepada pemain-pemain kunci di Satria Muda. Dengan begitu, mereka sudah punya kerangka tim yang akan mengarungi kompetisi musim depan. (*)