Jembatan Virtual Rintisan Atlet Basket


May 30, 2020

Pandemi covid-19 menghentikan laju Indonesian Basketball League (IBL). Di tengah wabah global ini, rasa optimistis dan kreatif menyiasati keadaan perlu dimiliki atlet, selaku aktor utama di lapangan. Terbukti, menyebarnya virus ganas tersebut tak mampu menahan laju kreativitas Kelly Purwanto dan Abraham Wenas, meski kedua atlet bola basket Amartha Hangtuah itu rela alih profesi untuk sementara waktu.

Bermula beberapa waktu silam, muncul kabar Kelly dagang pempek yang kemudian diwartakan sampai-sampai jadi kepala berita di berbagai media online. Namun sebelum menjajakan makanan khas Wong Kito itu, Kelly rupanya pernah coba-coba nge-vlog dengan konten, semisal, latihan fisik di sekitar rumah. "Tujuan awalnya sharing. Tapi gara-gara WFH (work from home), saya seriusin nge-vlog," tutur olahragawan flamboyan ini.

Pemain bernomor punggung 3 ini lantas membentuk jembatan virtual yang menghubungkan situs berbagi video tersebut dan publik. Segmen penonton kanal YouTube-nya pun terbelah dua bahkan tiga, yakni penggemar Kelly, pemerhati bola basket Indonesia, serta calon pembeli "Pempek Komplek". 

"Responsnya sih kebanyakan positif, bisa kelihatan langsung dari jumlah Like atau komentar viewers. Yang nggak like ada tapi nggak terlalu banyak," jelas pebasket berusia 36 tahun ini.

Lain Kelly, lain Abraham, yang lebih kurang enam bulan telah mengunggah macam-macam video ke akun YouTube miliknya. Sebagai YouTuber pemula, menurutnya, otak harus terus diasah supaya tercetus ragam ide dan konten menarik. Urusan teknis, sudah barang pasti penting punya keahlian menyunting video. "Di sisi lain waktu itu (sebelum nge-vlog) aku masih kuliah, jadi nggak mau ganggu basket dan kuliah," tutur pebasket kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur ini. 

Pasca-wisuda, berbekal nekat, Abraham menguji diri selaku YouTuber. Kerja sama dengan Royal Sport untuk sebuah program kesehatan, menggenjot semangat penyandang predikat Rookie of the Year IBL 2017-2018 ini untuk mulai penggarapan video. "Ada temanku satu SMA yang sekarang kerja di Jakarta, dan kebetulan di bidang konten (penyuntingan video) juga. Puji Tuhan dia mau membantu aku," kata pemuda berumur 23 tahun itu.

"Aku nggak ada motivasi cari penghasilan dari sini, cuman buat sharing-sharing," Abraham, menambahkan.

Setelah setengah tahun melakoni gawean YouTuber, kini Abraham sedang mengambil ancang-ancang untuk meluncurkan dagangan anyarnya, susu almond. Layaknya Kelly, tak tertutup kemungkinan pebasket muda ini bakal membangun jembatan virtual yang menghubungkan rintisan bisnis berlabel inisial namanya tersebut, dan konsumen.

Bagi duo talenta bola basket Amartha Hangtuah ini, pandemi virus korona tipe baru, penyebab penyakit Covid-19, telah membuka ruang komunikasi baru dengan para penggemar di ranah maya. Konten-konten seputar bola basket, latihan fisik, kehidupan di mes, persahabatan dengan rekan-rekan setim, bahkan kehidupan pribadi, tersaji di dua akun YouTube dari pebasket semifinalis IBL 2017-2018 ini.

 

 

 

credit photo by : Amartha Hangtuah