News Event

Jelang Pekan Ke-6, Persaingan Makin Ketat

06 March 2024
|

IBL Tokopedia 2024 sudah bergulir kembali pasca-jeda bulan Februari, karena ada Pemilu dan FIBA Asia Cup 2025 Qualifiers. Ternyata kesempatan tersebut digunakan tim-tim untuk memperbaiki diri. Sehingga saat pekan kelima, mereka tampil lebih solid. Kini jelang pekan keenam, persaingan diyakini akan semakin ketat. 

Pertama yang mencuri perhatian tentu saja Prawira Harum Bandung. Di mana setelah mengganti tiga pemain asingnya, tim asuhan David Singleton tersebut menyapu bersih dua home game, di pekan kelima. Prawira mengalahkan Borneo Hornbills, 82-78, lewat overtime, serta melibas Pacific Caesar Surabaya dengan skor 78-63. Komposisi pemain asing yang sekarang, dengan kembalinya Brandone Francis, bakal membuat Prawira kembali diperhitungkan di liga, setelah sempat struggle di awal musim. 

Satria Muda Pertamina Jakarta juga tampil bagus di pekan kelima. Mereka mengamankan poin kandang dalam dua laga berturut-turut. Abraham Damar Grahita dan kawan-kawan menang 86-57 atas Bima Perkasa Jogha, dan menang 101-88 atas Bali United Banten. Satria Muda dan Prawira sama-sama naik cukup signifikan di klasemen sementara IBL Tokopedia 2024. 

Sementara itu, Dewa United Banten, tampaknya kini menjadi musuh bersama. Jelas saja, karena hingga pekan kelima, skuad asuhan Pablo Favarel tersebut belum tersentuh kekalahan. Mereka sempat mengalami kesulitan saat menghadapi Amartha Hangtuah Jakarta, di akhir pekan lalu (3/3). Tetapi di kuarter keempat, Dewa United bisa menyudahi perlawanan Hangtuah dengan skor 86-78. 

Beranjak ke pekan keenam. Dewa United akan memainkan dua laga di pekan keenam. Jika menyapu bersih dua laga home ini, maka Dewa United akan menduduki puncak klasemen sementara. Kemudian persaingan sengit juga akan melibatkan Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Jakarta. Sebab kedua tim sama-sama meraih hasil positif dalam tiga laga terakhir. Sehingga di pekan keenam, siapa yang terbaik dari keduanya, maka berada di urutan klasemen yang lebih tinggi. 

Ada pula pertarungan dua tim yang layak ditunggu pada pekan keenam, yaitu antara RANS Simba Bogor melawan Amartha Hangtuah Jakarta. Alasannya karena kedua tim sama-sama mencetak hasil negatif pada laga terakhirnya. Bahkan RANS sudah kalah dua laga berturut-turut. Sehingga kemenangan di pekan keenam akan sangat penting bagi mereka. 

Terakhir ada pertemuan antara Kesatria Bengawan Solo melawan Bima Perkasa Jogja. Laga ini sekaligus menjadi pertemuan pertama Coach Efri Meldi dengan Bima Perkasa, sejak dirinya pindah ke Kesatria. Ditambah lagi, Kesatria sekarang sedang dalam tren positif, dengan empat kemenangan beruntun. Sebaliknya, Bima Perkasa sudah kalah tiga kali berturut-turut, sejak 3 Februari lalu. 

Pekan keenam akan menjadi pekan yang menentukan bagi tim-tim kontestan liga. Apalagi bagi mereka yang belum bisa tampil solid di liga. Karena, jika mereka kalah maka jarak kemenangan dengan tim-tim papan atas akan semakin lebar, dan butuh usaha keras untuk bisa menyodok ke zona playoffs. (*)

Baca Juga: Persaingan di Pekan Ketujuh Justru Makin Panas Meski di Awal Ramadhan

0 Comments